Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luhut: Penghiliran Sumber Daya Alam Dorong Pemerataan Investasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa penghiliran sumber daya alam akan mendorong pemerataan dalam investasi.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 15 Desember 2021  |  20:34 WIB
Layar menampilkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat berbicara di acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2022 secara virtual di Jakarta, Rabu (15/12/2021). Bisnis - Abdurachman
Layar menampilkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat berbicara di acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2022 secara virtual di Jakarta, Rabu (15/12/2021). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa penghiliran sumber daya alam akan mendorong pemerataan dalam investasi.

Dia menyebutkan bahwa investasi yang selama ini terpusat di Jawa dan Sumatra mulai tersebar di pulau lainnya. Bahkan, upaya penghiliran menyebabkan investasi terbesar hingga ke Indonesia Timur.

“Sehingga ekonomi kita tidak hanya terpusat di Jawa dan Sumatra saja yang mencapai sekitar 70 persen, sekarang sudah menyebar ke Indonesia Timur,” katanya dalam Bisnis Indonesia Business Challenges, Rabu (15/12/2021).

Pemerataan investasi, lanjutnya, memberi pengaruh pada upaya pengentasan kemiskinan, termasuk stunting. Secara bertahap, dia menyebut, masalah sosial di sejumlah wilayah akan diselesaikan.

Selain itu, penghiliran juga mendorong industrialisasi di kawasan Indonesia Timur. Upaya penghiliran sumber daya alam, contohnya dilakukan di Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Kondisi itu mendorong penyebaran industri manufaktur, serta mengurangi share sektor agrikultur, kehutanan, dan perikanan yang nilai tambahnya lebih rendah.

Dia menyebutkan bahwa kebangkitan ekonomi juga akan didorong oleh upaya transformasi ekonomi, beralih dari bergantung pada komoditas menuju ke industri bernilai tambah.

“Berbagai progress program penghiliran sumber daya alam akan memperkuat struktur perekonomian Indonesia, lebih tahan menghadapi tantangan ekonomi global, dan lebih merata,” tuturnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi penghiliran Luhut Pandjaitan
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top