Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dari Washington hingga Cikeas, Ini Cerita Sri Mulyani Didapuk Jadi Menteri oleh SBY

Sri Mulyani membagikan kisah perjalanan karirnya dari IMF hingga masuk Kabinet SBY.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 02 Desember 2021  |  09:23 WIB
Dari Washington hingga Cikeas, Ini Cerita Sri Mulyani Didapuk Jadi Menteri oleh SBY
Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Keuangan, Senin (5/10/2021) - Biro KLI / Kemenkeu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani membagikan cerita bagaimana perjalanan dirinya hingga memulai karir di pemerintahan saat era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pasca krisis 97-98, Sri Mulyani yang saat itu dikenal sebagai peneliti atau ekonom dari LPEM UI memilih untuk pindah ke Atlanta, AS dan berkarir sebagai konsultan.

Dia mengaku dirinya kelelahan dan ingin rehat sejenak dari posisi peneliti dan ekonom saat itu. Di tengah kehidupan barunya di Atlanta, Sri Mulyani tiba-tiba mendapatkan telepon dari Boediono

"Ketika saya sedang sabbatical saya di-call untuk menjadi executive director di IMF oleh Pak Menteri Keuangan Boediono, waktu itu Presidennya Ibu Megawati," paparnya dalam talkshow bersama mantan menteri perdagangan Gita Wirjawan.

"Mereka bilang you have to ke Washington," lanjutnya. Akhirnya, dia dan keluarga pindah ke Washington D.C. Sri Mulyani pun bertahan dua tahun sebagai pejabat Bank Dunia.

Ketika jabatannya hendak diperpanjang, dia kembali menerima telepon. Kali ini dari presiden terpilih saat itu. Pada 2004, Susilo Bambang Yudhoyono yang meminta dirinya menempati posisi sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

"So I move to Jakarta, diwawancara di Cikeas waktu itu. Ditunjuk jadi menteri Bappenas," ujarnya.

Saat masa jabatannya di Bappenas, Indonesia mengalami Tsunami Aceh.

"Tsunami itu totally devastated." Dia menuturkan Indonesia mendapatkan banyak perhatian dunia. Sebagai kepala Bappenas saat itu, dia harus mengkoordinasi rekonstruksi untuk Tsunami.

Ketika oil booming, sekitar tahun 2005, SBY meminta Sri Mulyani pindah ke Kementerian Keuangan. Di Kementerian Keuangan, dia hanya menjabat hingga 2010 sebelum akhirnya kembali ke IMF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani sby menteri keuangan
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top