Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Subholding Upstream Pertamina Teken 8 Perjanjian Selama Gelaran IOG 2021

Subholding Upstream Pertamina telah berhasil meneken delapan perjanjian kerja sama dalam The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2021 yang digelar di Bali pada 29 November–2 Desember 2021.
Penandatanganan kerja sama dalam The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2021./Istimewa
Penandatanganan kerja sama dalam The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2021./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Subholding Upstream Pertamina telah berhasil meneken delapan perjanjian kerja sama dalam The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2021 yang digelar di Bali pada 29 November–2 Desember 2021.

Direktur Utama Subholding Upstream Pertamina Hulu Energi Budiman Parhusip mengatakan, perjanjian kerja sama yang diteken guna memperkuat lini bisnis sektor hulu Pertamina.

“Tentunya dengan ditandatanganinya dokumen perjanjian tersebut akan semakin memantapkan langkah Subholding Upstream Pertamina dalam memenuhi target nasional produksi minyak dan gas bumi,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan resminya, Rabu (1/12/2021).

Lebih lanjut, Budiman menjelaskan bahwa empat perjanjian yang ditandatangani, antara lain Head of Agreement antara PT Pertamina Hulu Energi Nunukan dan PT Karya Mineral Jaya-PT Kilang Pertamina International untuk menjembatani para pihak dalam rangka persiapan dan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) untuk wilayah kerja Nunukan.

“Kemudian penandatanganan Gas Sales Agreement antara PT Pertamina Hulu Energi Jambi Merang dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk.-PT Pertamina Gas-PT Pertagas Niaga, terkait perjanjian jual beli gas untuk memenuhi kebutuhan komersial, industri, dan kelistrikan di Sumatera, Jawa, dan Batam, serta kebutuhan produksi minyak,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Letter of Agreement for Implementation of Natural Gas Price Adjustment antara PT Pertamina EP dan PT Pupuk Kujang Cikampek, serta penandatanganan Side Letter of Agreement for Implementation of Natural Gas Price Adjustment antara PT Pertamina Hulu Energi ONWJ dan PT PLN (Persero).

Selain itu, ada juga penandatangan perjanjian kerja sama di lingkungan Subholding Upstream Pertamina yang dilakukan secara virtual sebanyak empat perjanjian, antara lain tiga perjanjian di Regional Jawa meliputi LoA Kepmen ESDM 135/2021 Pertamina EP-PLN.

Lalu, LoA Kepmen ESDM 134/ 2021 PHE ONWJ-Pupuk Kujang, LoA Kepmen ESDM 135/2021 PHE OSES-PLN, serta Second Amendment Of Side Letter antara PHE WMO-Pertamina EP Kodeco MMB-PLN.

“Penandatanganan ini sebagai salah satu milestone dari langkah transformasi Subholding Upstream Pertamina. Semoga ini menjadi langkah positif bagi perkembangan perusahaan ke depannya,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper