Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dear Pak Erick Thohir, Toilet di SPBU Swasta Gratis Loh

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah meminta fasilitas toilet di seluruh stasiun pengisian bahan bakar minyak umum milik PT Pertamina (Persero) tidak menarik biaya kebersihan kepada pelanggan. Di sisi lain, operator swasta telah lebih dulu memberikan fasilitasnya secara gratis.
Menteri BUMN Erick Thohir saat berbincang dengan petugas penjaga toilet di SPBU./Tangkapan layar
Menteri BUMN Erick Thohir saat berbincang dengan petugas penjaga toilet di SPBU./Tangkapan layar

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah meminta fasilitas toilet di seluruh stasiun pengisian bahan bakar minyak umum milik PT Pertamina (Persero) tidak menarik biaya kebersihan kepada pelanggan. Di sisi lain, operator swasta telah lebih dulu memberikan fasilitasnya secara gratis.

Operator stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) swasta yang ada di Indonesia, seperti Shell dan BP-AKR memberikan fasilitas tersebut secara gratis sebagai salah satu cara untuk memanjakan pelanggannya.

Corporate Communications Shell Indonesia Edit Wahyuningtyas menjelaskan, Shell memiliki SOP untuk seluruh kegiatan operasional dan pemeliharaan fasilitas yang ada di SPBU.

Untuk toilet, kata dia, pihaknya melakukan pengecekan kebersihan secara rutin untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

“Ketersediaan toilet yang bersih di SPBU Shell merupakan wujud dari layanan kami yang terintegrasi. Shell tidak mengenakan biaya untuk pelanggan yang menggunakan toilet di SPBU milik Shell,” katanya kepada Bisnis, Kamis (25/11/2021).

Di lain pihak, Syahran Wahab, Brand and Comms Manager PT Aneka Petroindo Raya (APR) menuturkan bahwa kenyamanan pelanggan merupakan prioritas.

Untuk itu, fasilitas di setiap SPBU selalu terjaga sesuai dengan SOP yang berlaku, termasuk untuk toilet.

“Di seluruh SPBU BP, toilet adalah bagian dari fasilitas gratis yang dapat digunakan setiap pelanggan, dan kami selalu memastikan agar kebersihan toilet kami tetap terjaga untuk kenyamanan semua pelanggan,” ujar Syahran kepada Bisnis, Kamis (25/11/2021).

Selain toilet, lanjut Syahran, SPBU juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya, seperti kedai kopi, restoran cepat saji, musala, dan minimarket.

Seluruh fasilitas itu menjadi bagian penting dari komitmen perusahaan untuk menjadikan SPBU-nya sebagai one stop shop bagi para konsumen.

“Maka dari itu, merupakan tanggung jawab kami untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan semua fasilitas yang ada di SPBU BP,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper