Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kilang Pertamina Terbakar, Erick Thohir Minta Evaluasi Menyeluruh

Kejadian terbakarnya tangki Pertamina di Cilacap sudah beberapa kali, sehingga perlu dilakukan evaluasi fasilitas kilang di Cilacap secara menyeluruh.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 17 November 2021  |  03:05 WIB
Kilang Cilacap. - Istimewa/Pertamina
Kilang Cilacap. - Istimewa/Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian BUMN meminta agar PT Pertamina (Persero) melakukan evaluasi secara menyeluruh atas kembali terjadinya insiden tangki BBM terbakar di Kilang Cilacap, Jawa Tengah.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan kejadian terbakarnya tangki di Cilacap sudah beberapa kali, sehingga perlu dilakukan evaluasi fasilitas kilang di Cilacap secara menyeluruh.

"Kami sudah minta Pertamina melakukan evaluasi ya khususnya yang ada di Cilacap, kenapa sampai bisa kejadian seperti itu. Kami minta evaluasi menyeluruh, dan kenapa bisa berulang," paparnya, Selasa (16/11/2021).

Menurutnya, evaluasi ini menjadi langkah-langkah yang harus dilakukan Pertamina dan evaluasinya harus menyeluruh agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi, ini evaluasi khusus di Kilang Cilacap.

"Kami berharap antisipasi ke depan jangan ada lagi kejadian seperti ini. Kami tahu Pertamina sedang melakukan perbaikan, tapi ini kejadian lagi jadi harus evaluasi total terhadap khususnya Cilacap itu," katanya.

Sebelumnya, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama membeberkan dugaan awal penyebab kebakaran yang menghanguskan satu tangki penyimpanan bahan bakar minyak di kilang Cilacap pada Sabtu (13/11/2021) malam.

Komisaris Utama yang akrab disapa Ahok itu mengatakan, dirinya telah mendapatkan laporan bahwa kebakaran di kilang Cilacap telah berhasil dipadamkan.

Namun, terkait dengan penyebab pasti kebakaran, pihaknya masih menunggu keterangan lebih lanjut dari pihak berwajib.

“Laporan sementara sudah dipadamkan. Penyebab belum tahu. Biasanya sama alasannya, kena petir,” katanya kepada Bisnis.

Ahok menuturkan, Pertamina sebenarnya telah melakukan evaluasi keamanan di kilangnya pascakebakaran di Kompleks Kilang Balongan pada Maret 2021 lalu.

Ahok pun mengunjungi langsung Kilang Balongan untuk meninjau secara dekat dampak dari kejadian itu.

Akan tetapi, untuk kebakaran salah satu tangki di Kilang Cilacap kali ini, Ahok mengaku tidak akan turun langsung ke lapangan, karena seluruh pemantauan bisa dilakukan secara jarak jauh melalui sistem command center yang dimiliki Pertamina.

“Semua terpantau dari command center yang sudah jadi di Graha Pertamina depan [Stasiun] Gambir. Soal pengusutan, nanti biar Polri saja,” ujarnya.

Direktur Utama Refining & Petrochemical Subholding Pertamina Djoko Priyono mengatakan, api di tangki penyimpanan BBM kilang Cilacap telah berhasil dijinakkan pagi tadi pada pukul 07.45 WIB, dan kondisi telah dinyatakan aman pada pukul 09.15 WIB.

Api berhasil dijinakkan setelah tim penanganan melakukan penyekatan pada tangki yang terbakar. Tangki yang terbakar tersebut juga telah dilakukan pendinginan untuk memastikan api tidak kembali menyambar.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina cilacap erick thohir Kilang Cilacap
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top