Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diam-Diam, Bank Sentral Singapura Jajaki Pembuatan Mata Uang Digital

Dengan nama kode “Project Orchid,”, proyek bank sentral ini akan fokus pada infrastruktur teknologi dan kompetensi teknis yang dibutuhkan untuk mengeluarkan dolar Singapura digital.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 09 November 2021  |  18:46 WIB
Tampak depan Gedung Monetary Authority of Singapore -  Bloomberg/Ore Huiying
Tampak depan Gedung Monetary Authority of Singapore - Bloomberg/Ore Huiying

Bisnis.com, JAKARTA - Bank sentral Singapura menjajaki penyusunan mata uang digital, meski masih meyakini uang tunai masih akan bertahan lama.

Managing Director Otoritas Moneter Singapura Ravi Menon mengatakan kendati meyakini manfaat memiliki mata uang digital, hal itu tidak cukup menjanjikan.

Uang tunai akan bertahan untuk waktu yang cukup lama dan kemungkinan penggantian mata uang dengan uang digital asing adalah memiliki "risiko [kegagalan] yang jauh," katanya seperti dikutip Bloomberg pada Selasa (9/11/2021).

Dengan nama kode “Project Orchid,”, proyek ini akan fokus pada infrastruktur teknologi dan kompetensi teknis yang dibutuhkan untuk mengeluarkan dolar Singapura digital, kata Menon. Proyek ini akan bekerja sama dengan sektor swasta, katanya.

Pernyataan Menon mencerminkan dilema bank sentral di seluruh dunia yang melihat cryptocurrency menjadi semakin penting dari sudut pandang sistemik, dan menyaksikan keuangan terdesentralisasi (DeFi) menantang peran perantara lembaga keuangan.

China telah menciptakan kemajuan signifikan dengan e-yuan, yang telah mengalami banyak uji coba, dibandingkan negara-negara dari AS hingga Inggris dan Jepang yang masih berunding.

“Penerbitan CBDC ritel pada akhirnya lebih merupakan pertimbangan sosial ekonomi daripada pertimbangan moneter,” kata Menon.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dolar mata uang digital Monetary Authority Singapura
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top