Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

ThorCon Masih Fokus Selesaikan Kajian Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

ThorCon International, Pte. Ltd. masih fokus menyelesaikan tahap kajian dalam rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di dalam negeri.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 05 November 2021  |  20:55 WIB
ThorCon Masih Fokus Selesaikan Kajian Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Ilustrasi. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Bushehr di Iran, sekitar 1.200 kilometer sebelah selatan Teheran. - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – ThorCon International, Pte. Ltd. masih fokus menyelesaikan tahap kajian dalam rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di dalam negeri.

Direktur Operasi ThorCon Power Indonesia Bob S Effendi mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih menyelesaikan empat fokus kajian untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

Salah satu kajian yang sedang dijalankan adalah penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta teknologi ketenaganukliran dengan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Kerja sama itu sekaligus sebagai survei penerimaaan masyarakat dan program sosialisasi yang merupakan salah satu syarat pembangunan prototipe pembangkit listrik tenaga thorium (PLTT).

“Kajian penerimaan masyarakat melibatkan Universitas Sebelas Maret dan Universitas Bangka Belitung,” katanya di Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Dia menambahkan, pihaknya juga telah memulai feasibility study, grid study, dan site study untuk pembangunan pembangkit listrik tersebut.

Bersamaan dengan itu, ThorCon juga menjalankan kajian keselamatan dengan menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk pembangunan laboratorium molten salt reactor (MSR).

Nantinya, laboratorium itu akan menjadi pelopor untuk penelitian dan pengembangan bahan bakar (fuel salt) dari MSR.

“Kami juga akan melakukan kajian terkait dengan TKDN [tingkat kandungan dalam negeri] yang akan melibatkan surveyor Indonesia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembangkit listrik tenaga nuklir
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top