Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teleport, Logistik Digital AirAsia Luncurkan Freighter Terbarunya

Teleport akan meningkatkan kemampuannya untuk bersaing di pasar kargo dan e-commerce yang berkembang pesat di seluruh Asean.
Air Asia/Reuters-Charles Platiau
Air Asia/Reuters-Charles Platiau

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan logistik AirAsia Digital Teleport memperkuat bisnis layanan kargo dan logistik lewat peluncuran 737-800 Freighter.

Chief Operating Officer Teleport Adrian Loretz mengatakan freighter terbaru ini juga dilengkapi dengan desain livery yang menampilkan warna merekTeleport. Hal ini seiring dengan persiapan pesawat kargo pertamanya untuk terbang perdana ke rute-rute utama di Asia.

Desain baru tersebut mewakili filosofi layanan Teleport, menandakan komitmennya untuk terus mengembangkan Teleport dan Grup AirAsia sebagai salah satu dari 3 operator kargo terdepan berdasarkan kapasitas di Asean.

"Melalui penambahan armada khusus kargo tersebut, total armada aktif Teleport saat ini sebanyak 252 pesawat yang termasuk pesawat penumpang Grup AirAsia dan akan memungkinkannya untuk mengangkut kapasitas yang lebih besar secara konsisten pada rute kargo udara utama di Asia Tenggara," ujarnya melalui siaran pers, Rabu (3/11/2021).

Sejak awal 2020, Teleport telah berencana untuk membangun jaringan khusus kargo pada jalur utama di kawasan tersebut untuk memenuhi permintaan e-commerce dan kargo umum yang terus meningkat. Teleport akan meningkatkan kemampuannya untuk bersaing di pasar kargo dan e-commerce yang berkembang pesat di seluruh Asean.

Chief Operating Officer Teleport Adrian Loretz mengatakan fokus bisnis yang didorong oleh tumbuhnya layanan kargo di beberapa negara yang dibarengi meningkatnya bisnis kargo udara dari e-commerce, serta perkembangan teknologi baik di aviasi maupun digitalisasi industri.

Dia percaya dengan penambahan pesawat kargo akan memperkuat posisinya di industri, yang rencananya juga akan ditambah lagi ke depannya.

Hal ini tidak hanya menunjukkan keyakinan terhadap potensi pertumbuhan tetapi juga membantu dalam meningkatkan operasi kami untuk memenuhi kebutuhan pasar kargo udara yang mencakup layanan muatan yang berpalet, frekuensi yang tetap, jadwal yang pasti, dan waktu keberangkatan/kedatangan yang spesifik.

"Berbasis di Bangkok, pesawat ini akan mampu menjangkau pasar utama termasuk Hong Kong, Shanghai, Chennai, Mumbai dan semua tujuan utama di Asia Tenggara melalui Thailand, serta menghubungkan pasar jarak jauh ke Asia Tenggara menggunakan kapasitas ruang kargo kontainer," imbuhnya.

Pesawat khusus kargo ini memiliki ruang kargo utama yang sepenuhnya dikonfigurasi untuk kontainer dan mampu mengangkut barang bervolume besar dengan total muatan hingga 21 ton. Selain itu pesawat ini juga mampu membawa muatan khusus dengan kategori Dangerous Goods sesuai ketentuan IATA, termasuk baterai Lithium.

Chief Executive Officer Teleport Pete Chareonwongsak mengatakan penambahan pesawat kargo ke dalam armada akan mempercepat peralihan perusahaan dari sekedar penyedia jasa layanan logistik kargo menjadi sekaligus operator multimoda yang lengkap.

Dia mengatakan selalu berada di jalur pertumbuhan yang cepat untuk mengembangkan bisnis kargo udara Teleport dengan memperkuat komitmen kami terhadap industri pengiriman barang di Asia Tenggara. Dia juga menantikan realisasi rencana berikutnya, tidak hanya untuk Teleport tetapi juga untuk industri ini.

Pesawat 737-800 Freighter milik Teleport diakuisisi melalui perjanjian multi-year dengan K-Mile Asia, maskapai kargo ekspres Thailand, yang membuka jalan ekspansi kargonya dan menandai jejaknya sebagai pemain logistik terkemuka di wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper