Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga BBM di SPBU Swasta Berpotensi Naik

Naiknya harga minyak dunia dipastikan akan diiringi dengan kenaikan harga minyak acuan MOPS dan Argus di Singapura. Dengan demikian, akan terjadi penyesuaian harga BBM umum per awal November.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  21:28 WIB
SPBU BP-AKR.  - Humas BP
SPBU BP-AKR. - Humas BP

Bisnis.com, JAKARTA — Harga bahan bakar minyak (BBM) di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) milik swasta dapat berpotensi mengalami penyesuaian harga jual seiring dengan meradangnya harga minyak dunia. Penyesuain itu diprediksi akan terjadi dalam penetapan harga pada November.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan naiknya harga minyak dunia dipastikan akan diiringi dengan kenaikan harga minyak acuan MOPS dan Argus di Singapura. Dengan demikian, dia memproyeksikan pasti akan terjadi penyesuaian harga BBM umum per awal November.

"Terutama untuk SPBU swasta seperti Shell dan lain-lain. Mereka akan melakukan penyesuaian harga sesuai dengan formula yang ditentukan dalam KepMen ESDM 62/2020, karena untuk BBM umum penentuan harga oleh badan usaha," katanya kepada Bisnis, Rabu (28/10/2021).

Di sisi lain, penyesuaian harga akan sulit dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) karena penyesuaian harga yang paling mungkin untuk dilakukan hanya untuk dua jenis BBM saja yakni Pertamax Turbo dan Pertamina Dex. Namun, untuk jenis Pertamax, Pertalite, dan Dexlite akan sangat sulit untuk disesuaikan.

Menurut dia, akan terdapat banyak pertimbangan yang mengganjal Pertamina untuk menyesuaikan harga pada bahan bakar umum tersebut. Dengan harga saat ini, Pertamina harus menanggung beban yang cukup besar karena nilai keekonomiannya sudah berada jauh dari yang seharusnya.

Mamit menuturkan, pemerintah bisa memberikan keleluasaan bagi Pertamina untuk menyesuaikan harga untuk Pertamax, namun tidak untuk Pertalite dan Dexlite yang masih perlu sejumlah pertimbangan.

"Jika pun harus dinaikan saya kira tidak sampai keekonomiannya minimal 50 persen atau Rp1.500 penyesuaian bisa dilakukan. Hal ini akan cukup membantu Patraniaga pastinya," jelasnya.
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi Harga BBM pertamina spbu
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top