Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LTC Glodok Jadi Pusat Belanja Pertama yang Pakai PLTS Atap

Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok, Jakarta menjadi pusat perdagangan kebutuhan alat teknik, safety, elektrik, dan elektronik pertama yang mulai menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 27 Oktober 2021  |  15:07 WIB
LTC Glodok Jadi Pusat Belanja Pertama yang Pakai PLTS Atap
Ilustrasi. petugas membersihkan PLTS atap. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok, Jakarta menjadi pusat perdagangan kebutuhan alat teknik, safety, elektrik, dan elektronik pertama yang mulai menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap.

Sebanyak 880 panel fotovoltaik terpasang di atap gedung LTC Glodok untuk memenuhi kebutuhan listrik di pusat perbelanjaan itu. Meski tak disebutkan jumlah kapasitas terpasangnya, namun PLTS atap itu dinilai mampu menghemat hingga 508.511 kilowatt hour (kWh) listrik setiap tahunnya.

Chief Engineering LTC Glodok Rubianto mengatakan bahwa pusat belanja yang memiliki konsep one stop trading itu terus melakukan pengembangan infrastruktur yang berkesinambungan untuk para pengunjung dan tenant.

“Dengan mengedepankan konsep eco-friendly, melalui instalasi solar panel yang terpasang di atap gedung, kami meyakini betapa pentingnya penerapan praktik environmental, social, and governance (ESG) dalam kegiatan operasional,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (27/10/2021).

Pemasangan panel surya untuk PLTS atap itu sendiri dilakukan oleh Xurya Daya Indonesia. Pemanfaatan energi surya yang dilakukan oleh LTC Glodok pun telah berlangsung sejak September 2021 untuk menekan emisi karbon.

George Hadi Santoso, VP Marketing of Xurya Daya Indonesia, mengatakan bahwa kerja sama dengan Agung Podomoro Group perlu diapresiasi dalam memperluas penggunaan energi terbarukan.

Dia menyebut, selain mampu menghemat penggunaan listrik, penggunaan PLTS atap juga dapat meningkatkan property value.

Langkah tersebut diharapkan dapat menginspirasi pusat belanja lainnya untuk mulai menggunakan energi terbarukan di dalam kegiatan operasionalnya.

Sekadar diketahui, melalui pemasangan PLTS atap tersebut, LTC Glodok setiap tahunnya turut berkontribusi terhadap pengurangan emisi CO2 sebesar 474.949 kilogram.

Jumlah CO2 tersebut setara dengan jumlah yang dihasilkan dari konsumsi 132.595  liter bensin, atau setara menanam 5.959 pohon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pusat perbelanjaan plts panel surya
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top