Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Perubahan Aturan! Sopir Angkutan Logistik Sekarang Wajib Antigen

Pengemudi angkutan logistik dan barang lainnya kini turut diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksinasi seiring dengan diperpanjangnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) periode 19 Oktober–1 November 2021.
Ilustrasi./Istimewa
Ilustrasi./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pengemudi angkutan logistik dan barang lainnya kini turut diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksinasi seiring dengan diperpanjangnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) periode 19 Oktober–1 November 2021.

Ketentuan baru itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53/2021 tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

“Untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya yang sudah divaksinasi dua kali dapat menggunakan antigen yang berlaku selama 14 hari untuk melakukan perjalanan domestik,” demikian dikutip dari salinan Inmendagri itu, Selasa (19/10/2021).

Sementara itu, bagi yang baru mendapatkan vaksinasi satu kali, antigen akan berlaku selama 7 hari, dan untuk sopir yang belum mendapatkan vaksinasi harus melakukan antigen yang berlaku selama 1x24 jam.

Sebagaimana diketahui, dalam aturan-aturan sebelumnya, pengemudi angkutan logistik dan barang lainnya yang ingin melakukan perjalanan dibebaskan dari ketentuan menunjukkan kartu vaksinasi.

Lebih lanjut, dalam kebijakan terbaru yang dikeluarkan pada 18 Oktober 2021 itu juga diatur mengenai operasional transportasi umum. Kini, yang berada di daerah dengan kategori level 1 dan 2 boleh beroperasi secara penuh atau 100 persen.

Adapun, transportasi umum yang dimaksud meliputi kendaraan umum, angkutan massal, taksi (konvensional dan online), dan kendaraan sewa/rental. Operasional juga diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Kemudian, bagi pelaku perjalanan dalam negeri atau domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bus, kapal laut, dan kereta api) harus menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama.

Pelaku perjalanan tersebut juga wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR (H-2) untuk pesawat udara, serta hasil negatif tes antigen (H-1) untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bus, kereta api, dan kapal laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper