Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Siapkan Strategi Atasi Perubahan Iklim Menuju 100 Tahun Kemerdekaan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menerangkan bahwa pemerintah telah memiliki perencanaan jangka panjang dalam mengatasi perubahan iklim menuju 100 tahun kemerdekaan.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 19 Oktober 2021  |  16:42 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani klarifikasi terkait laporannya terhadap Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti di Polda Metro Jaya, Senin (27/9/2021). - Antara
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani klarifikasi terkait laporannya terhadap Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti di Polda Metro Jaya, Senin (27/9/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menerangkan bahwa pemerintah telah memiliki perencanaan jangka panjang dalam mengatasi perubahan iklim menuju 100 tahun kemerdekaan.

Pada 2045, Indonesia memasuki usia satu abad. Luhut menyebutkan bahwa pemerintah serius dalam mengatasi perubahan iklim saat ini.

Langkah tersebut tidak hanya dilakukan untuk menuruti komitmen global, melainkan juga turut menjalankan amanat UUD 1945.

“Bukan hanya untuk menuruti komitmen global, tapi juga mandat yang ada di UUD 1945 dan sekaligus juga kita bertanggung jawab kepada generasi yang akan datang,” katanya saat memberi sambutan dalam INDY Fest 2021, Selasa (19/10/2021).

Dia menyebut, eksekutif harus berhati-hati dalam membuat kebijakan. Kesalahan dalam perancangan aturan akan berakibat buruk bagi generasi mendatang.

Selain itu, dia juga menyebut, pihaknya berkomitmen untuk mencapai keberlanjutan yang lebih baik dan kesejahteraan bagi generasi muda.

Luhut menuturkan bahwa Indonesia telah menyusun strategi jangka panjang dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Negara juga berkomitmen penuh dalam melaksanakan Nationally Determined Contributions (NDCs).

Terbaru, Indonesia telah memperbarui pedoman adaptasi terhadap perubahan iklim dengan peningkatan strategi pada bidang ekonomi hijau.

Luhut berjanji akan terus memperbarui kebijakan tersebut agar karbon netral lebih cepat tercapai dari target.

“Terus, kami akan meng-update NDCs ini, karena terkait perkembangan teknologi, bisa saja kita melakukan lebih cepat lagi.” terangnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perubahan iklim HUT Kemerdekaan RI
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top