Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PeduliLindungi Sudah Bisa Diakses Lewat Aplikasi Gojek

Dalam menggunakan PeduliLindungi secara optimal, partisipasi pengguna sangat diperlukan dengan cara membagikan data lokasi saat bepergian ke tempat umum agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 03 Oktober 2021  |  16:05 WIB
PeduliLindungi.  - Antara Foto/Zabur Kururu
PeduliLindungi. - Antara Foto/Zabur Kururu

Bisnis.com, JAKARTA — Fitur aplikasi PeduliLindungi saat ini sudah bisa diakses melalui platform digital lain, salah satunya Gojek. Aplikasi ini bertujuan membantu mencatat kontak tracing untuk melacak dan memantau kontak erat sebaran Covid-19.

"Kabar baik bagi kita semua, kamu nggak perlu lagi repot download aplikasi baru untuk membantu melacak kontak. Sekarang, kamu bisa mengakses PeduliLindungi langsung dari Gojek dan Tokopedia!," demikian dikutip dari laman Gojek, Minggu (3/10/2021).

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan dan dikelola oleh Kementerian Kesehatan untuk membantu pengendalian Covid-19.

Dalam menggunakan PeduliLindungi secara optimal, partisipasi pengguna sangat diperlukan dengan cara membagikan data lokasi saat bepergian ke tempat umum agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

"Integrasi aplikasi PeduliLindungi ke dalam aplikasi Gojek dan Tokopedia akan memudahkan upaya kontak tracing kamu dan sesama. Kamu bisa mengakses PeduliLindungi dari aplikasi Gojek dan scan kode QR langsung dari aplikasi Gojek sebelum memasuki tempat umum seperti mall, area perkantoran, dan lain sebagainya," tambah Gojek.

Sementara itu VP of Corporate Communications Gojek Audrey P. Petriny mengatakan selain mendukung upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19, integrasi tersebut juga bertujuan mengatasi keluhan masyarakat yang tidak bisa mengunduh aplikasi PeduliLindungi karena memori telepon pintarnya penuh.

"GoTo berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI menghadirkan fitur PeduliLindungi di aplikasi [Gojek/Tokopedia/GoPartner]. Hal ini merupakan upaya GoTo mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19," ujarnya kepada Bisnis, beberapa hari lalu.

Audrey menyebut melalui kolaborasi ini, masyarakat akan dapat melakukan check-in serta check-out setiap berkunjung ke tempat umum lewat fitur PeduliLindungi yang saat ini telah bisa digunakan oleh pengguna melalui aplikasi Gojek, Tokopedia, dan GoPartner.

"Proses verifikasi dan pengelolaan sistem PeduliLindungi sepenuhnya dilakukan Kemenkes. Sebagai salah satu mitra platform digital Kemenkes, GoTo selalu berkoordinasi dengan Kemenkes terkait sistem aplikasi PeduliLindungi termasuk perihal keamanan data pribadi," tambahnya.

Sebagai informasi, adapun cara check-in PeduliLindungi dari aplikasi Gojek antara lain, klik tombol ‘Check in’ di halaman utama aplikasi Gojek atau klik banner ini di halaman utama aplikasi Gojek,

aktifkan lokasi dan mulai mengisi data diri (nama lengkap dan KTP).

Untuk mempersingkat waktu dan menghindari antrean, pengguna bisa mulai mengisi data diri sebelum tiba di lokasi.

Baca syarat dan ketentuan lalu tandai setuju untuk lanjut. Aktifkan kamera dan pindai kode QR sebelum memasuki tempat umum. Tunjukkan hasil kode scan QR ke penjaga pintu masuk.

Untuk check-out PeduliLindungi dari aplikasi Gojek, klik tombol di halaman utama aplikasi Gojek. Aktifkan kamera dan pindai kode Check-out QR setelah memasuki tempat umum menggunakan aplikasi Gojek.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi kementerian kesehatan Gojek Pedulilindungi
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top