Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elnusa (ELSA) Kembangkan Chemical EOR untuk Blok Rokan

Saat ini pengembangan chemical enhance oil recovery (EOR) masih pada tahap evaluasi dan pre-plan of development (POD) untuk chemical EOR di lapangan Minas di wilayah kerja Rokan.
Pegawai Elnusa mengerjakan proyek migas. /Pertamina
Pegawai Elnusa mengerjakan proyek migas. /Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA — PT Elnusa Tbk. (ELSA) bakal menjalankan pengembangan chemical enhance oil recovery untuk wilayah kerja Rokan. Teknik tersebut digadang-gadang yang dapat meningkatkan produksi di Blok Rokan.

Direktur Utama Elnusa Ali Mundakir mengatakan untuk pengembangan enhance oil recovery (EOR) masih dalam skala uji coba. Emiten berkode saham ELSA itu pun disebut telah menggandeng mitra strategis yang merupakan salah satu produsen chemical EOR.

Dia mengatakan, untuk saat ini pengembangan EOR masih pada tahap evaluasi dan pre-plan of development (POD) untuk chemical EOR di lapangan Minas di wilayah kerja Rokan. Selain itu, untuk di lapangan Tanjung tengah dilakukan proses field trial untuk polymer EOR.

"Mudah-mudahan pengalaman yang sudah dilakukan ini bisa membantu terus Pertamina melakukan EOR, baik di WK milik Pertamina EP, Pertamina Hulu Energi ataupun juga yang baru diserah terimakan yaitu Pertamina Hulu Rokan," katanya dalam paparan publik yang digelar pada Jumat (1/10/2021).

Sementara itu, Direktur Operasi Elnusa Rony Hartanto mengatakan untuk pengembangan EOR di WK Rokan, pihaknya akan membawa pengalaman-pengalaman yang telah diterapkan di WK migas milik Pertamina lainnnya.

Rony mengungkapkan, pihaknya telah menguji coba pengembangan EOR untuk WK migas Pertamina yang berada di Kalimantan Selatan dan Jambi.

"Khusus EOR kita akan membawa pengalaman dan kompetensi kita di tanjng aklimantan saetan kita akan perkenalkan ke PHR baik metode chemical dan metode lainnya," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan sampai dengan proses alih kelola WK Rokan rampung, formula chemical CEOR yang dimiliki oleh Chevron Pacific Indonesia tidak dapat dibuktikan sebagai bagian dari cost recovery.

Nicke mengungkapkan, sampai dengan saat ini Pertamina masih tetap melakukan pembicaraan untuk membuat kerja sama dengan Oronite yang merupakan anak usaha Chevron yang memegang formula chemical EOR.

"Kita tinggal berhitung saja mengenani keekonomian, jadi masih terbuka untuk menggunakan itu. Namun paralel karena kita melihat kita bisa juga buka dengan perusahaan-perusahaan lain yang memang berminat juga untuk proof of concept chemical EOR di Rokan ini karena menarik sekali," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper