Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkop UKM Punya Logo Baru, Ini Maknanya

Kementerian Koperasi dan UKM resmi meluncurkan logo baru terkait dengan gerakan Ekosistem untuk Transformasi Koperasi dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat meresmikan logo baru Kemenkop UKM, Senin (27/9/2021)/Biro Humas Kemekop UKM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat meresmikan logo baru Kemenkop UKM, Senin (27/9/2021)/Biro Humas Kemekop UKM

Bisnis.com, JAKARTAKementerian Koperasi dan UKM resmi meluncurkan logo baru, seiring dicanangkannya gerakan baru untuk melakukan percepatan koperasi modern dan UMKM naik kelas, yang disebut dengan Ekosistem untuk Transformasi Koperasi dan UMKM.

“Saya ingin menyampaikan bahwa untuk menjadikan koperasi modern dan UMKM naik kelas, maka kita sebagai pemangku utama kepentingan itu, harus terlebih dahulu membangun pola pikir yang modern, yaitu pola pikir yang mampu merancang ekosistem terbaik untuk Koperasi dan UMKM masa depan,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam Peluncuran Ekosistem untuk Transformasi Koperasi dan UMKM secara daring, Senin (27/9/2021).

Selama setahun lebih, pandemi mendorong pelaku Koperasi & UMKM untuk beradaptasi dan bertransformasi. Tidak hanya bertahan, namun juga mematangkan diri dan mempersiapkan UMKM menghadapi tantangan di masa depan.

Ekosistem ini merupakan perwujudan dari logo baru Kementerian Koperasi dan UKM yang menjadi simbol visi masa depan dan kemajuan yang modern.  Rancangan masa depan dengan sebuah landscape baru melalui kekuatan sumber daya bangsa yakni future mobility, future food, future fashion, future craft dan lainnya.

“Melalui simbol kemajuan yang modern, mari bersama-sama kita bangun Ekosistem untuk Transformasi Koperasi dan UMKM masa depan,” kata Teten.

Logo ini, sambung Teten, diluncurkan untuk menandai tranformasi UMKM masa depan, yang berbasis kreativitas dan inovasi teknologi. Tak hanya sebatas logo, Teten mengatakan Kemenkop UKM juga mengubah banyak hal, mulai dari tata kelola, hingga cara kerja yang berbasis pada ekosistem.

“Mudah-mudahn nanti UMKM dengan semangat baru dan logo baru, ada spirit, motivasi, dan inovasi baru. Mudah-mudahan UMKM bisa menjadi betul-betul tulang punggung ekonomi nasional dan lebih punya daya saing. Tulang punggung ekonomi nasional bukan hanya ketika krisis tapi juga penopang ekonomi nasional. Untuk itu produknya harus punya daya saing dan inovasi harus terus dilakukan,” katanya.

Teten mengemukakan Kemenkop UKM dalam ekosistem baru akan terus adaptif dan berinovasi dalam berbagai program dan kebijakan dengan melakukan perubahan-perubahan yang berorientasi pada kepentingan publik.

Adapun program prioritas yang telah dilakukan Kemenkop UKM untuk mewujudkan kebijakan dan regulasi yang tepat mencakup mendorong terwujudnya Basis Data Tunggal KUMKM serta melakukan kemitraan dan kolaborasi dengan BUMN melalui peningkatan peran koperasi dan UMKM dalam  rantai pasok global (global value chain) dan berorientasi ekspor.

“Seluruh organ Kementerian Koperasi dan UKM bekerja bak sebuah rantai yang saling terpaut, menjadi sebuah ekosistem yang bergerak bersama untuk mencapai tujuan,” katanya.

Logo baru yang diluncurkan memiliki nilai utama yakni kerja sama sebagaimana tecermin dalam anyaman yang saling memperkuat secara berkesinambungan, sehingga membentuk budaya kerja yang positif dan optimis menghadapi segala tantangan.

Simbol kerja sama, dimaksudkan bekerja sama dalam kolaborasi, agar menjadi semangat gotong royong menjadi kekuatan utama Kemenkop UKM. Simbol anyaman, dimaksudkan saling mendukung dan produktif dalam berkarya dan saling mendukung antarsesama.

Sementara simbol senyum memiliki makna bekerja optimis dan positif. Budaya kerja ini diharapkan berkembang di Kemenkop UKM seiring dengan transformasi yang dicanangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper