Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penurunan Level PPKM, AP I: Pertumbuhan Penumpang Belum Signifikan

Kebijakan PPKM Darurat yang diberlakukan sejak awal hingga akhir Juli 2021 yang dilanjutkan dengan PPKM Level IV dan III selama Agustus hingga September membuat pergerakan penerbangan turun drastis.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 September 2021  |  11:54 WIB
Penurunan Level PPKM, AP I: Pertumbuhan Penumpang Belum Signifikan
Salah satu bentuk layanan pelanggan (customer service) virtual di Bandara Lombok yang dikelola PT Angkasa Pura I. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menilai penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 4 ke 3 sejak awal September belum dapat meningkatkan jumlah pertumbuhan penumpang secara signifikan.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan berdasarkan data pergerakan penumpang pada 1-14 September 2021, perseroan melayani sebanyak 747.582 penumpang atau rata-rata melayani 53.398 penumpang per hari di 15 bandara yang dikelolanya.

Dari data tersebut, Faik menilai tren peningkatan mulai terlihat meski belum signifikan jika dibandingkan dengan masa sebelum penerapan PPKM.

“Meski ada tren sedikit peningkatan tapi belum bisa ke rata-rata pergerakan harian sebelum PPKM yang mencapai 119.845 penumpang per hari,” jelasnya, Jumat (17/9/2021).

Menurutnya, kebijakan PPKM Darurat yang diberlakukan sejak awal hingga akhir Juli 2021 yang dilanjutkan dengan PPKM Level IV dan III selama Agustus hingga September membuat pergerakan penerbangan turun drastis.

Namun, di sisi lain, penurunan pergerakan ini juga merupakan salah satu indikator keberhasilan kebijakan PPKM Darurat serta PPKM Level IV dan III yang diikuti dengan penurunan jumlah kasus Covid-19. 

Faik pun berharap kekebalan komunitas atau herd immunity lekas terwujud seiring dengan masifnya program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah. Dengan demikian masyarakat dapat melakukan mobilitas dan perjalanan udara dengan rasa aman dan nyaman.

Pada akhirnya, trafik penerbangan akan mulai bangkit kembali dan berdampak positif terhadap kinerja bisnis pelaku usaha di sektor aviasi dan pariwisata. 

Sejak masa penerapan PPKM yang dimulai 3 Juli - 14 September 2021 ini, AP I melayani 2,61 juta pergerakan penumpang atau rata-rata hanya melayani sebanyak 35.395 penumpang per hari.

Angka tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan trafik sebelum penerapan PPKM tanggal 18 Mei - 2 Juli 2021. Pada periode tersebut perusahaan melayani hingga 7,9 juta penumpang atau rata-rata 119.845 penumpang per hari di semua bandara kelolaan.

Adapun trafik penumpang tertinggi pada Agustus lalu berada di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang mencapau 273.722 pergerakan penumpang.

Trafik penumpang tertinggi kedua terdapat di Bandara Juanda Surabaya dengan 206.833 pergerakan penumpang, dan disusul di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan dengan 114.306 pergerakan penumpang.

Sementara itu, total trafik penerbangan di 15 bandara Angkasa Pura I sejak Januari hingga Agustus 2021 yaitu 16.450.928 pergerakan penumpang, 204.589 pergerakan pesawat, dan 266,363 juta kg kargo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura i pertumbuhan penumpang pesawat PPKM
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top