Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingat! Besok KA Bandara YIA Mulai Berbayar, Ini Tarifnya

KA Bandara YIA akan berbayar mulai besok usai masa sosialisasi kepada masyarakat berakhir.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 16 September 2021  |  12:07 WIB
Ingat! Besok KA Bandara YIA Mulai Berbayar, Ini Tarifnya
KA Bandara YIA. - Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masa sosialisasi tarif Rp0 untuk layanan Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) berakhir hari ini. Mulai besok (17/9/2021), masyarakat yang hendak menggunakan layanan tersebut harus membayar sesuai tarif yang ditetapkan.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Joni Martinus mengatakan setelah masa sosialisasi berakhir, tiket KA Bandara YIA dapat dipesan melalui KAI Access dengan diberlakukan tarif promo.

"Tarif KA Bandara Internasional Yogyakarta mulai 17 September yaitu Stasiun Yogyakarta - Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta sebesar Rp20.000, Stasiun Yogyakarta - Stasiun Wates sebesar Rp10.000, dan Stasiun Wates - Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta sebesar Rp20.000," ujarnya kepada Bisnis.com, Kamis (16/9/2021).

Joni menjelaskan, KA Bandara YIA beroperasi delapan kali sehari yang menghubungkan Stasiun Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta.

Bagi calon pelanggan yang ingin menggunakan layanan ini, lanjutnya, diharuskan untuk sudah divaksin minimal dosis pertama. Untuk dokumen Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP), Surat Tugas, atau surat keterangan lainnya sudah tidak lagi menjadi syarat perjalanan.

"Hal ini sesuai SE Kemenhub No. 69/2021, yakni KA Bandara Internasional Yogyakarta termasuk KA Lokal," jelasnya.

Sementara itu bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, Joni menyebut yang bersangkutan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Selain itu, sambung dia, pelanggan dengan usia di bawah 12 tahun masih tidak diperkenankan melakukan perjalanan dengan Kereta Api.

Sebagai informasi, perjalanan dari Stasiun Yogyakarta hingga Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta dengan KA Bandara YIA akan menempuh jarak 40,2 km dengan waktu perjalanan dapat dipotong dari 1,5 jam menjadi hanya 39 menit saja.

Dalam rangka mengenalkan dan menyosialisasikan kehadiran KA Bandara tersebut, PT KAI memberlakuan tarif Rp0 sejak 1 September 2021 sampai dengan 16 September 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai ka bandara
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top