Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Pemakaian BBM, PLN dan PGN Kerja Sama Pasok Gas untuk PLTMG Nias

PT PLN (Persero) bekerja sama dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. untuk memastikan pasokan gas pada Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas (PLTMG) Nias di Gunungsitoli, Sumatera Utara.
PLTMG Nias di Gunungsitoli, SUmatra Utara./Istimewa
PLTMG Nias di Gunungsitoli, SUmatra Utara./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) bekerja sama dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. untuk memastikan pasokan gas pada Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas (PLTMG) Nias di Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Penggunaan bahan bakar gas tersebut dilakukan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dan menghemat biaya produksi listrik di pembangkit listrik milik PLN.

Direktur Energi Primer PLN Rudy Hendra Prastowo menjelaskan bahwa pembangkit berkapasitas 25 megawatt (MW) itu akan mendapat pasokan gas dari PT Perta Arun Gas di Aceh pada 2022.

Dia menyebut, PLN bersama PGN saat ini sedang menyelesaikan konstruksi seluruh infrastruktur pendukung distribusi gas, salah satunya adalah dengan melakukan pembangunan Jetty.

PLN dan PGN juga telah mencapai kesepakatan terkait dengan langkah gasifikasi untuk mendukung proyek tersebut.

“Dalam proses gasifikasi itu dibahas juga terkait dengan lokasi, kemudian juga terkait dengan potensi pengembangan untuk menggunakan gas yang memang lebih realistis ke depan. Kami juga melihat dan meninjau kendala-kendala apa saja yang memungkinkan agar ini menjadi efisien dan efektif untuk diimplementasikan,” terangnya.

Bila proyek gasifikasi ini selesai, kata dia, maka PLN bisa menghemat lebih dari 5 persen dari operasional bahan bakar pembangkit. Selain itu, efisiensi juga bisa lebih didapatkan dengan ketersediaan alokasi gas yang dekat dari pembangkit.

“Ke depan juga ada nilai positif dari pembangunan gasifikasi dan terkait dengan kebutuhan masyarakat penggunaan dari pada gas storage ini menjadi lebih baik,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper