Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Holding BUMN Jasa Survei: ISO 9001:2015 Mengoptimalkan Layanan

ISO 9001:2015 memiliki tujuh prinsip yang menjadi dasar dari klausul-klausul yang ada.
Holding BUMN Jasa Survei menggelar webinar bertajuk Pengenalan ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu kepada mahasiswa. /Sucofindo
Holding BUMN Jasa Survei menggelar webinar bertajuk Pengenalan ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu kepada mahasiswa. /Sucofindo

Bisnis.com, JAKARTA — Holding BUMN Jasa Survei mengatakan bahwa Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dapat memacu service dan melakukan pelayanan operasional yang excellence kepada seluruh pelanggan.

Hal ini disampaikan saat PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI, PT Sucofindo (Persero), dan PT Surveyor Indonesia (Persero) menyelenggarakan webinar yang bertajuk Pengenalan ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu kepada mahasiswa.

Lead Auditor PT Sucofindo (Persero) M.Taufiq Hidayatulloh menjelaskan ISO 9001:2015 memiliki tujuh prinsip yang menjadi dasar dari klausul-klausul yang ada. "Prinsip tersebut antara lain fokus pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan orang, pendekatan proses, perbaikan, pembuatan keputusan berdasarkan bukti dan manajemen hubungan,” kata mengutip keterangan resmi, Jumat (10/9/2021).

Adapun konsep pendekatan proses yang dilakukan untuk melakukan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 adalah melalui konsep Plan, Do, Check, Act (PDCA). Pada pelaksanaannya konsep terkait menetapkan sasaran dan prosesnya, melaksanakan apa yang direncanakan, memantau dan mengukur proses serta produk dan jasa yang dihasilkannya serta mengambil tindakan untuk memperbaiki kinerja sesuai dengan keperluan dan kebutuhan merupakan konsep yang perlu diperhatikan.

Taufiq juga menjelaskan mengenai konsep pola pikir berbasis risiko. Salah satu tujuan utama dari sistem manajamen formal adalah berfungsi sebagai alat pencegahan atau merupakan tindakan preventif.

“Meskipun risiko tersebut harus ditentukan dan ditangani, ISO 9001:2015 tidak menetapkan persyaratan memilih manajamen risiko yang formal atau sistem manajemen risiko tertentu.”

Sementara itu Direktur Utama BKI (Persero) Rudiyanto mengatakan webinar perkenalan ISO 9001:2015 ini merupakan salah satu fokus program BUMN terkait perkembangan talenta. “Fokus tersebut dijalankan dengan melakukan edukasi dan melatih calon tenaga kerja dan melakukan pengembangan SDM berkualitas untuk Indonesia,” papar Rudiyanto.

Sebelumnya Holding BUMN Jasa Survei telah melaksanakan kuliah umum sebagai upaya mendukung program Kementerian BUMN dalam implementasi 5 poin prioritas dan pengenalan jasa Testing, Inspection, Certification.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan Sumber Daya BKI, Rozainbahri Noor menyampaikan harapannya agar para mahasiswa dapat merasakan manfaatnya dari kegiatan webinar Pengenalan ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu dan memberikan sertifikat secara daring kepada salah satu perwakilan peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper