Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Proyek West Betara NAG Diresmikan, PetroChina Berharap Produksi Gas Bisa Terjaga

Project WB NAG Compression and Condensate Pumping System juga diharapkan dapat berkontribusi memaksimalkan produksi gas dari Lapangan WB dan SB, sehingga menjaga produksinya sebesar 30 MMSCFD.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 27 Agustus 2021  |  15:01 WIB
Proyek West Betara NAG Diresmikan, PetroChina Berharap Produksi Gas Bisa Terjaga
Ilustrasi. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PetroChina International Jabung Ltd. telah menyelesaikan Proyek West Betara (WB) Non-Associated Gas (NAG) Compression and Condensate Pumping System untuk menjaga produksi gas di Blok Jabung.

Proyek WB NAG Compression and Condensate Pumping System dikerjakan PetroChina International jabung Ltd. atau PCJL untuk menjaga aliran gas dari Lapangan West Betara (WB) dan South Betara (SB).

Proyek WB NAG Compression and Condensate Pumping System sendiri berhasil onstream pada 18 Agustus 2021, dan dilanjutkan dengan tahapan monitoring performance selama 2x24 jam per unit, sehingga tahapan commissioning dan start up-nya telah selesai pada 22 Agustus 2021.

Waktu onstream proyek itu sebenarnya lambat 1 bulan dari target yang ditetapkan, yakni 12 Juli 2021 karena adanya pembatasan mobilitas terkait PPKM.

“Penyelesaian Fasilitas WB NAG Compression and Condensate Pumping System ini penting dalam upaya menjaga pasokan gas dari lapangan WB dan SB, serta melanjutkan program PCJL yang telah disetujui untuk Put on Production empat sumur gas dari formasi Baturaja dengan target sebesar 7,5 MMSCFD,” ujar General Manager Jabung Wang Qilin dalam keterangan resminya yang dikutip Jumat (27/8/2021).

Pencapaian kapasitas produksi sebesar 30.5 MMscfd yang ditandai dengan pengaliran gas menggunakan kompresor dari proyek WB NAG Compression and Condensate Pumping System pada 22 Agustus 2021 itu merupakan pemenuhan komitmen menjaga pengiriman aliran gas dari Lapangan WB dan SB.

Gas dari kedua lapangan itu kemudian dialirkan melalui pemipaan West Betara – Central Processing Station (SWB-CPS) menuju ke CPS untuk diproses lebih lanjut dan menghasilkan sales gas.

“Pencapaian Proyek WB NAG Compression and Condensate Pumping System di wilayah kerja PCJL tidak lepas dari dukungan penuh dari para pemangku kepentingan, seperti Ditjen Migas, SKK Migas,  serta seluruh instansi dan pihak terkait,” jelasnya.

Project WB NAG Compression and Condensate Pumping System juga diharapkan dapat berkontribusi memaksimalkan produksi gas dari Lapangan WB dan SB, sehingga menjaga produksinya sebesar 30 MMSCFD.

PetroChina International Jabung Ltd. merupakan operator Blok Jabung di Jambi di bawah pengawasan SKK Migas.

Dalam mengelola Blok Jabung, PetroChina bermitra dengan Pertamina Hulu Energi, Petronas Carigali dan PT GPI Jabung. Selain menjadi operator Blok Jabung, PetroChina juga sebagai operator Blok Bangko di Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

petrochina blok jabung
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top