Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Rahasia TrawlBens Bisa Hadirkan Tarif Murah Jasa Logistik

PT Trawlbens Teknologi Anak Indonesia (TrawlBens), salah satu perusahaan logistik dan rantai pasok di Tanah Air berkomitmen untuk terus menghadirkan tarif yang murah dan jujur kepada pelanggannya seiring ketatnya persaingan pada bisnis tersebut.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 26 Agustus 2021  |  18:24 WIB
PT Trawlbens Teknologi Anak Indonesia (TrawlBens)
PT Trawlbens Teknologi Anak Indonesia (TrawlBens)

Bisnis.com, JAKARTA – PT Trawlbens Teknologi Anak Indonesia (TrawlBens), salah satu perusahaan logistik dan rantai pasok di Tanah Air berkomitmen untuk terus menghadirkan tarif yang murah dan jujur kepada pelanggannya seiring ketatnya persaingan pada bisnis tersebut.

Beni Syarifudin, Founder dan CEO Trawlbens mengakui bahwa tarif merupakan isu krusial di industri logistik. Pasalnya, bukan rahasia umum, jika tarif logistik di Tanah Air masih terbilang mahal terutama kabupaten atau daerah tingkat dua lainnya.

Dia mencontohkan, biaya pengiriman barang dari China ke Jakarta, jauh lebih murah jika dibandingkan Jakarta ke Makasar atau Jakarta ke Manado. Ongkos pengiriman barang dari Cina ke Indonesia cuma Rp9.000/kg. Tapi, ongkos kirim dari Jakarta ke Makassar bisa Rp30.000/kg, dan dari Jakarta ke Manado bisa Rp60.000/kg.

“Dan bukan sekedar isapan jempol, perbaikan tarif telah diimplementasikan di TrawlBens. Tarif murah dan jujur telah menjadi komitmen saya saat mendirikan TrawlBens tahun 2020. Bahkan, ketika teman-teman pengusaha UMKM terkendala masalah logistik, terutama biaya logistik yang kurang ramah di kantong, kami hadir memberi solusi. Ini bukan janji tapi bukti,” ujarnya secara resmi, Kamis (26/8).

Untuk memperkuat komitmen tersebut, Beni memaksimalkan transformasi digital di industri logistik dengan menghadirkan aplikasi TrawlBens, yang memberikan layanan pengiriman berbasis teknologi digital paling lengkap ke seluruh Indonesia dengan mengutamakan tarif paling murah.

“Untuk mendapatkan tarif logistik riil, murah dan jujur, customer tinggal mengunduh aplikasi TrawlBens di smartphone, daftar, lalu pilih layanan TrawlPack. Kemudian pilih kota tujuan, isi data barang dan pilih armada pengiriman. Terakhir pilih order,” ujarnya.

Sejurus kemudian, kurir Trawlbens akan datang menjemput barang yang ingin dikirimkan. “Istimewanya lagi, selain ongkos kirim yang benar-benar murah, barang Anda akan dijemput secara gratis, tanpa biaya tambahan, jika Anda ada di area Jabodetabek,”ujarnya.

Melalui aplikasi ini, secara langsung, customer bisa membuktikan tarif murah ini. Misalnya, biaya pengiriman untuk Jakarta dan kota besar di Jawa, hanya Rp4000 - Rp5.000 per kilogram. Untuk antar pulau ada di harga Rp7.000 - Rp10.000 per kilogram.

Rinciannya, biaya pengiriman Jakarta ke Jayapura, kalau yang lainnya rata-rata di angka Rp85.000 sampai di atas Rp100.000 per kilogram, di TrawlBens cukup bayar Rp19.500 per kg dengan minimal pengiriman 10 kg.

Contoh lainnya, biaya pengiriman Jakarta Ke Makasar, di TrawlBens sebesar Rp6.500 per kg  sedangkan jasa pengiriman lainnya pada umumnya rata-rata di angka Rp30.000. Untuk Jakarta ke Manado cukup bayar Rp9.000 per kg di TrawlBens, padahal umumnya tarif di angka Rp50.000-Rp60.000.

“Jadi sangat jauh sekali bedanya. Harga ini merupakan revolusi logistik, kami mengirim dengan penuh tanggung jawab. Harga murah, barang terjamin terkirim dengan aman. Ini bukan isapan jempol,” kata Beni.

Ada beberapa area pengiriman utama Trawlbens yang tarifnya lebih murah dibanding jasa kargo lain. Pertama, kawasan Sumatera yang meliputi Padang, Medan, Aceh, Pekanbaru, Palembang, Batam, dan Lampung. Kedua, kawasan Sulawesi, meliputi Makassar, Palu, Kendari, Gorontalo, Manado. Berikutnya, Kalimantan meliputi Banjarmasin, Pontianak dan Balikpapan.

Beni juga menegaskan bahwa aplikasi ini juga memperluas jangkauan skema alur bisnis logistik nasional. Sebelumnya skema logistik yang umum dipakai hanya dari produsen ke distributor atau retail. Melalui TrawlBens, skema itu bertambah menjadi produsen ke distributor atau retail, dan produsen atau distributor ke konsumen langsung.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tarif logistik
Editor : Puput Ady Sukarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top