Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hampir 1 Tahun Terlantar, Ini Kronologis Pemulangan Pekerja Migran dari Taiwan

Menaker menjelaskan kronologis pemulangan pekerja migran Indonesia dari Taiwan yang hampir 1 tahun terlantar.
Petugas kesehatan melakukan tes cepat antigen kepada pekerja migran yang tiba di Kepulauan Riau, Selasa (18/5/2021). ANTARA/Kemenko PMK
Petugas kesehatan melakukan tes cepat antigen kepada pekerja migran yang tiba di Kepulauan Riau, Selasa (18/5/2021). ANTARA/Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA - Proses pemulangan ratusan pekerja migran Indonesia (PMI) yang terlantar di perairan Taiwan selama hampir 1 tahun tidak berlangsung mudah. Dilakukan berkali-kali koordinasi dan banyak tahapan sebelum PMI berhasil tiba di Tanah Air.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan setidaknya ada empat alur pemulangan PMI bermasalah yang terdampak di perairan tersebut. Antara lain, menyelesaikan urusan di bandara keberangkatan Taiwan; titik debarkasi; tempat karantina; dan pemulangan ke daerah asal.

Total PMI yang dipulangkan sebanyak 121 orang yang terdiri atas 105 awak kapal LG dengan kontrak kerja telah selesai sesuai dengan perjanjian kerja; 15 PMI overstay, 2 orang mengalami sakit ringan; dan 1 orang pekerja yang mengalami sakit paru-paru parah dan tidak dijelaskan statusnya.

Bersamaan dengan hal para PMI tersebut, pemerintah juga memulangkan 8 jenazah yang tiba bersamaan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu (21/8/2021).

"Setelah 10 kali melakukan rapat koordinasi antar Kementerian/Lembaga, beserta Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia [KDEI] Taipei, Kemenaker meminta KDEI di Taipei melakukan koordinasi dengan otoritas terkait di Taiwan," ujar Ida melalui siaran pers, Kamis (26/8/2021).

Usai negosiasi dengan perwakilan TETO (The Taipei Economic and Trade Office) di Jakarta untuk izin sandar dan evakuasi awak kapal LG, pemerintah langsung melakukan persiapan pelaksanaan pemulangan PMI didampingi oleh KDEI Taipei.

PMI dan 8 jenazah mendarat di titik debarkasi Tanah Air pada Sabtu (21/8/2021) pukul 03.00 WIB dini hari menggunakan pesawat Batik Air. Seluruh PMI menjalani pemeriksaan kesehatan oleh KKP/Satgas Covid-19.

Pemeriksaan yang dilakukan, antara lain kondisi suhu tubuh, pemeriksaan hasil PCR/Swab Test Antigen, serta pemeriksaan dokumen keimigrasian PMI.

Pada saat tiba di tempat karantina Wisma Atlet Pedemangan, PMI kembali dilakukan Swab PCR test pertama untuk lanjut diisolasi di tempat yang telah disediakan jika hasil positif dan lanjut karantina selama 8x24 jam apabila hasil tes negatif.

"PMI kembali dilakukan Swab PCR test kedua sebelum kepulangan ke daerah asal. Jika hasil negatif maka karantina selesai dan jika hasil positif lanjut isolasi," sambung Ida.

Alur terakhir, pemulangan yakni pemulangan PMI ke daerah asal bisa dilakukan secara mandiri, melalui manning agent, atau Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Kordinasi atau serah terima PMI di daerah asal dilakukan dengan Disnaker atau UPT BP2MI setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper