Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Ekonomi Tomohon, SMI Kucurkan Pinjaman PEN Rp100,35 Miliar

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)/PT SMI menyetujui usulan pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional Daerah (PEN Daerah) Pemerintah Kota Tomohon senilai Rp100,35 miliar dalam rangka mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi di kota tersebut.
Penandatanganan perjanjian pinjaman PEN Daerah dilakukan oleh Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI - Sylvi J. Gani dan Walikota Tomohon - Caroll Senduk, secara sirkuler melalui media daring, pada Senin (23/8)./dok PT SMI
Penandatanganan perjanjian pinjaman PEN Daerah dilakukan oleh Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI - Sylvi J. Gani dan Walikota Tomohon - Caroll Senduk, secara sirkuler melalui media daring, pada Senin (23/8)./dok PT SMI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)/PT SMI menyetujui usulan pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional Daerah (PEN Daerah) Pemerintah Kota Tomohon senilai Rp100,35 miliar dalam rangka mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi di kota tersebut.

Penandatanganan perjanjian pinjaman PEN Daerah dilakukan oleh Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI - Sylvi J. Gani dan Walikota Tomohon – Caroll Senduk, secara sirkuler melalui media daring, pada Senin (23/8).

Usulan pinjaman PEN Daerah Kota Tomohon kepada PT SMI ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur daerah akibat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tomohon yang harus di realokasi akibat penanganan pandemi.

Realokasi APBD dilakukan agar dapat terus mendukung pembangunan sektor prioritas Pemkot Tomohon, seperti pembangunan terhadap infrastruktur jalan dan jembatan, pariwisata, serta Sumber Daya Air (SDA) di Kota Tomohon.

Sebelumnya, PT SMI bersama Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah melakukan evaluasi bersama, serta mempertimbangkan beberapa faktor risiko atas proposal permohonan yang diajukan oleh Pemkot Tomohon.

Pinjaman yang telah disetujui kemudian disalurkan kepada Pemkot oleh PT SMI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kemenkeu dengan menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI, Sylvi J. Gani, menyatakan penandatanganan perjanjian pinjaman PEN ini merupakan salah satu bentuk langkah responsif dan dukungan pemerintah, dalam hal ini Kemenkeu atas dampak dari pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi perekonomian di daerah.

“Dalam pelaksanaan pinjaman PEN ini, PT SMI juga memiliki komitmen untuk senantiasa melakukan pemantauan atas penyaluran dana PEN agar tujuan yang diusulkan oleh Pemda dapat tercapai sehingga memberikan peningkatan terhadap kualitas infrastruktur layanan publik daerah, serta mampu menjadi pendorong bagi pemulihan ekonomi di Kota Tomohon,” ujarnya seperti siaran resmi yang dikutip, Kamis (26/8).

Walikota Tomohon, Caroll Senduk, menyambut baik dukungan yang diberikan oleh PT SMI. “Kami ucapkan terima kasih kepada PT SMI atas fasilitas pinjaman PEN Daerah yang diberikan kepada Kota Tomohon. Pinjaman ini akan kami manfaatkan untuk pembangunan infrastruktur jalan, sumber daya air, air bersih, dan infrastruktur pariwisata,” ujarnya.

Pihaknya berharap agar tujuan dari pinjaman PEN ini dapat tercapai, memberikan manfaat bagi pemulihan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat, terciptanya lapangan pekerjaan, serta terbangunnya sarana dan prasarana sesuai kebutuhan daerah di Kota Tomohon.

Kesepakatan yang dilakukan oleh PT SMI dengan Pemkot Tomohon merupakan upaya Pemerintah Pusat dalam menyelamatkan perekonomian daerah yang terdampak Covid-19. Program PEN diluncurkan sebagai stimulus untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional.

PT SMI berharap, dengan selalu menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), transparansi, dan akuntabilitas dalam implementasinya, dukungan fasilitas pinjaman PEN Daerah ini mampu menggerakkan kembali roda perekonomian di Kota Tomohon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper