Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Cigombong–Sukabumi Beroperasi, Waktu Tempuh Jakarta ke Sukabumi Bisa 1 Jam

Waktu tempuh Jakarta–Sukabumi saat ini sekitar 4–5 jam. Pengoperasian Tol Cigombong–Cibadak diproyeksikan mampu memangkas waktu tempuh menjadi 1–2 jam.
Ilustrasi./Antara-Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi./Antara-Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan waktu tempuh Jakarta ke Sukabumi akan terpangkas hingga 75 persen pada akhir 2021. Pasalnya, konstruksi Jalan Tol Ciawi–Sukabumi Seksi 2 ruas Cigombong–Cibadak ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa Tol Cigombong–Cibadak akan terhubung dengan Tol Jakarta–Bogor–Ciawi (Jagorawi).

Alhasil, pengendara dari Jakarta menuju Sukabumi akan terhindar dari beberapa titik macet yang kerap terjadi di Ciawi, Cigombong, Cicurug, dan Cibadak.

“Nanti adanya tol, ini mudah-mudahan, [waktu tempuh Jakarta-Sukabumi] akan lebih cepat, sekitar 2 jam bisa sampai,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (10/8/2021).

Endra mencatat, waktu tempuh Jakarta–Sukabumi saat ini sekitar 4–5 jam. Pengoperasian Tol Cigombong–Cibadak diproyeksikan mampu memangkas waktu tempuh menjadi 1–2 jam.

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengoperasikan ruas Ciawi–Sukabumi saat ini adalah PT. Trans Jabar Tol (TJT).

TJT baru mengoperasikan satu dari empat seksi yang tergabung dari Tol CIawi–Sukabumi dengan total panjang 54 kilometer, yakni seksi I Ciawi–Cigombong sepanjang 15,35 kilometer.

Ketiga seksi lainnya, adalah Seksi II Cigombong–Cibadak (11,9 kilometer), Seksi III Cibadak–Sukabumi Barat (13,7 kilometer), dan Seksi IV Sukabumi Barat–Sukabumi Timur (13,05 kilometer).

Perkembangan konstruksi ruas Cigombong–Cibadak telah mencapai 44,83 persen per Juli 2021 dan dijadwalkan rampung pada Oktober 2021.

Sementara itu, konstruksi Seksi III Cibadak–Sukabumi Barat (13,7 kilometer) dijadwalkan selesai pada Juli 2023, sedangkan Seksi IV Sukabumi Barat–Sukabumi Timur (13,05 kilometer) pada Juli 2024.

Total investasi yang ditelan proyek tersebut mencapai Rp15,95 triliun, dengan biaya konstruksi dan biaya pembebasan tanah masing-masing Rp8,85 triliun dan Rp820 miliar.

Di sisi lain, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mencatat waktu tempuh dari Sukabumi ke Ciawi saat ini sekitar 1–2 jam. Adapun, pengoperasian Jalan Tol Ciawi–Sukabumi akan memangkas waktu tempuh tersebut menjadi sekitar 15–30 menit.

Di samping itu, waktu tempuh Jakarta menuju Pelabuhan Ratu juga akan terpangkas menjadi sekitar 2,5 jam.

“Nantinya, setelah Jalan Tol Ciawi–Sukabumi beroperasi akan semakin mendongkrak iklim usaha, serta peningkatan perekonomian di wilayah Bogor, maupun Sukabumi dan sekitarnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andi M. Arief
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper