Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Genjot Produktivitas Sektor Kelautan Dan Perikanan, KKP Gencarkan Vaksinasi Terhadap Nelayan

Vaksinasi di wilayah tersebut harus benar-benar digenjot sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menjaga produktivitas sektor kelautan dan perikanan, sehingga kesehatan nelayan terlindungi.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 09 Agustus 2021  |  20:51 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggencarkan program vaksinasi untuk masyarakat pesisir, khususnya bagi para nelayan. Adapun, vaksinasi digelar di 5 pelabuhan di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan bahwa vaksinasi di wilayah tersebut harus benar-benar digenjot sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menjaga produktivitas sektor kelautan dan perikanan, sehingga kesehatan nelayan terlindungi.

"Vaksinasi ini memang harus benar-benar digenjot. Ini salah satu upaya pemerintah dalam menjaga produktivitas sektor kelautan dan perikanan," ujar Trenggono dalam siaran pers seperti dikutip Bisnis, Senin (9/8/2021).

Untuk menggenjot vaksinasi di Kabupaten Karawang yang saat ini baru di angka 17 persen, Menteri Trenggono mengimbau Pemda agar aktif menggandeng instansi pemerintah maupun swasta lainnya dalam menggelar vaksinasi.

Vaksinasi untuk masyarakat pesisir sendiri berlangsung di Karawang, Blanakan Subang, Indramayu, Cirebon, dan pelabuhan perikanan di Tegal, Jawa Tengah. Vaksinasi tersebut menargetkan lebih dari 2.500 nelayan.

Dia berharap, vaksinasi terhadap masyarakat pesisir pantai tersebut dapat mendongkrak performa sektor kelautan dan perikanan Tanah Air. Berdasarkan data KKP, produksi perikanan tahun lalu mencapai 2,8 juta kilogram.

Tahun ini, produksi perikanan berdasarkan statistik Juni 2021 sudah di angka lebih dari 1,4 juta kilogram.

Produk perikanan yang dihasilkan, di antaranya bawal putih, bawal hitam, kembung, selar, tembang, hingga cumi. Jumlah kapal di pelabuhan sebanyak 267 unit kapal dengan jumlah nelayan 2.817 orang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian kelautan dan perikanan vaksinasi Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top