Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksinasi Massal Jadi Kunci Jaga Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Pengamat Ekonomi, M. Chatib Basri menilai bahwa pertumbuhan ekonomi yang positif pada kuartal kedua 2021 dikarenakan terjadinya mobilitas yang dibuka April-Juni sehingga mendorong pergerakan ekonomi.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 05 Agustus 2021  |  16:17 WIB
Vaksinasi Massal Jadi Kunci Jaga Momentum Pertumbuhan Ekonomi
Pengamat Ekonomi M. Chatib Basri. - FB Sri Mulyani
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA- Momentum pertumbuhan ekonomi yang positif pada kuartal kedua 2021 mesti dijaga dengan mengedepankan mobilitas namun dibarengi dengan percepatan vaksinasi.

Pengamat Ekonomi, M. Chatib Basri mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi yang positif pada kuartal kedua 2021 dikarenakan terjadinya mobilitas yang dibuka April-Juni sehingga mendorong pergerakan ekonomi.

“Persoalannya kita selalu ada di dalam dilema, karena  mobilitas dibuka, risiko pandemi meningkat seperti saat ini. Lalu harus diketatkan lagi. Yang harus dipikirkan adalah bagaimana caranya dorong ekonomi tapi pastikan ini aman,” ujarnya dalam acara Dialog Ekonomi Bersama Menteri Perdagangan M. Luthfi, Kamis (5/8/2021).

Dia mencontohkan, di  Amerika Serikat, terjadi perbedaan pertumbuhan ekonomi yang mencolok antara negara bagian yang  mayoritas warganya telah melakukan vaksinasi dengan negara bagian yang belum memaksimalkan vaksinasi.

Negara bagian yang belum menyelesaikan vaksinasi, mengalami pertumbuhan ekonomi yang tidak signifikan. Hal ini berarti, kalau Indonesia  ingin menjaga pemulihan ekonomi maka yang harus dilakukan adalah mobilitas berjalan tetapi tetap aman.

“Itu kuncinya dan solusinya satu jaga protokol kesehatan. Untuk urusan disiplin kita tidak sebaik Singapura atau Vietnam. Kalau disiplin masih kurang, opsi kedua adalah vaksinasi yang dipercepat. Kita ingin menjaga momentum sehingga percepatan vaksin jadi sangat penting,” usulnya.

Dia menyarankan agar dalam menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT), ada sebagian dana bantuan yang bisa diberikan kepada warga dengan persyaratan harus menunjukan kartu vaksin.

Dana itu disebut cash for vaccine dengan asumsi suplai vaksin bisa dipenuhi. Jika usulan ini dilakukan, maka dia meyakini akan tercipta herd imunnity dan Indonesia bisa meraih pertumbuhan ekonomi yang signifikan seperti kuartal kedua 2021, di masa yang akan datang.

“Kuartal ketiga  mungkin akan melambat karena dilakukan PPKM. Hal ini sudah dilakukan di AS di mana Bidden memberikan insentif kepada warga yang mau vaksin,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi vaksinasi Covid-19
Editor : Puput Ady Sukarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top