Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sri Mulyani: Penyaluran KUR Bersubsidi per Juli 2021 Hampir Rp140 Triliun

Hingga Juli 2021 KUR sudah disalurkan mendekati Rp140 triliun dengan target lebih dari 6 juta usaha kecil.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (dalam layar) disaksikan Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y. Benyamin memberikan pemaparan dalam webinar  Mid Year Economic Outlook 2021: Prospek Ekonomi Indonesia Pasca Stimulus, Relaksasi dan Vaksinasi di Jakarta, Rabu (7/7/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (dalam layar) disaksikan Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y. Benyamin memberikan pemaparan dalam webinar Mid Year Economic Outlook 2021: Prospek Ekonomi Indonesia Pasca Stimulus, Relaksasi dan Vaksinasi di Jakarta, Rabu (7/7/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) bersubsidi hingga Juli 2021 sudah mencapai hampir Rp140 triliun. Penyaluran tersebut setara dengan sekitar 50 persen dari target penyaluran tahun ini sebesar Rp253 triliun.

“Hingga Juli ini KUR sudah disalurkan mendekati Rp140 triliun, di mana targetnya lebih dari 6 juta usaha kecil yang akan mendapatkan kredit usaha rakyat bersubsidi ini,” kata Sri pada pembukaan virtual acara Literasi Keuangan Indonesia Terdepan (Like It), Selasa (3/8/2021).

Sri mengatakan target penerima KUR tersebut, utamanya super mikro, baru pertama kali membuka rekening dan menjadi debitur perbankan. Sri menilai hal itu sekaligus akan meningkatkan inklusi dan literasi keuangan.

Adapun, pemerintah menyalurkan KUR, melalui perbankan, kepada masyarakat luas terutama untuk kelompok sangat membutuhkan seperti pemilik usaha super mikro, mikro, dan mikro menengah. Penyaluran kredit tersebut juga disertai oleh subsidi bunga oleh pemerintah.

Kredit tersebut terus meningkat sejak 2015 sebesar Rp30 triliun, dan melonjak tiga kali lipat menjadi Rp100 triliun di 2016. Di tengah pandemi Covid-19 pada 2020, pemerintah menaikkan KUR menjadi Rp198 triliun untuk mendukung masyarakt yang membutuhkan bantuan seperti kredit ultra mikro dan usaha kecil.

Sementara, jumlah debitur KUR juga ikut meningkat sejak 2015 sebanyak 1 juta orang, menjadi 6,12 juta orang, menurut data terakhir.

“Sekarang ini di 2021 targetnya dinaikkan lagi dari Rp198 triliun tahun lalu, yang sudah melonjak dari biasanya Rp100 triliun, sekarang KUR subsidi akan dinaikkan menjadi Rp253 triliun tahun ini,” kata Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper