Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumitomo, Societe Generale, dan Standard Charter Biayai PLTS Terapung Cirata

Dengan tercapainya financial close, proyek yang akan dibangun di atas Waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat tersebut diharapkan dapat beroperasi secara komersial pada November 2022.
PLTS Terapung Cirata 145 MW yang terbesar di Asia Tenggara. /BKPM
PLTS Terapung Cirata 145 MW yang terbesar di Asia Tenggara. /BKPM

Bisnis.com, JAKARTA — Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata 145 MWac telah mencapai tahapan penuntasan pendanaan atau financial close.

Proyek yang menggunakan skema power purchase agreement (PPA) built, own, operate, and transfer (BOOT) 25 tahun ini didanai oleh Sumitomo Mitsui Banking Corporation, Societe Generale, dan Standard Charter Bank.

Direktur Utama PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Gong Matua Hasibuan mengatakan, proyek PLTS Terapung Cirata telah melewati titik kritis berupa tahapan financial close pada 2 Agustus 2021. Dengan tercapainya financial close, proyek yang akan dibangun di atas Waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat tersebut diharapkan dapat beroperasi secara komersial pada November 2022.

"Lender kami telah mengonfirmasi bahwa semua syarat telah terpenuhi untuk dapat mendanai proyek ini. Tugas kami berikutnya mengawal proses konstruksi ini dengan baik sehingga dapat mencapai target commercial operation date," ujar Gong dalam acara Deklarasi Financial Close Proyek PLTS Terapung Cirata, Selasa (3/8/2021).

Lebih lanjut, Gong menuturkan bahwa pihaknya juga telah menyelesaikan pembebasan lahan untuk pembangunan control room, switchyard, dan transmisi, serta semua proses perizinan yang penting terkait proyek ini.

Kehadiran PLTS Terapung Cirata diharapkan membawa dampak positif bagi Indonesia, antara lain meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) yang ditargetkan sebesar 23 persen pada 2025, menurunkan emisi karbon, mampu meningkatkan foreign direct investment, membuka lapangan kerja domestik, dan meningkatkan industri dalam negeri, terutama industri modul surya dan floating system.

"PLTS ini memiliki tarif yang kompetitif senilai US$5,8179 sen per kWh yang diharapkan akan membantu menurunkan BPP listrik di sistem Jawa Madura Bali," kata Gong.

PLTS Terapung Cirata dikembangkan oleh project company PT Pembangkitan Jawa Bali Masdar Solar Energi (PMSE) yang dimiliki oleh PT Pembangkitan Jawa Bali Investasi (PJBI) sebesar 51 persen dan 49 persen oleh Masdar, anak usaha Mubadala Investment Company yang merupakan perusahaan energi baru terbarukan (EBT) berbasis di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini menambahkan bahwa tercapainya financial close ini merupakan bentuk dukungan kepercayaan lembaga keuangan internasional terhadap proyek strategis nasional yang dilaksanakan oleh PLN Grup.

"Dengan diperolehnya dukungan pendanaan atas proyek ini maka tahapan konstruksi akan dapat segera kami mulai. Kami optimistis dengan dukungan proyek pembangkit ramah lingkungan ini dapat beroperasi komersial sesuai target pada akhir 2022," kata Zulkifli.

Menurutnya, kehadiran PLTS Terapung Cirata akan menjadi revolusi pengembangan EBT di dalam negeri mengingat pembangkit listrik ini dapat mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 214.000 ton per tahun. Proyek ini juga digadang-gadang akan menjadi PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara.

Berdasarkan catatan Bisnis, kerja sama PJBI dan Masdar untuk proyek ini telah dituangkan pada kesepakatan PPA dengan investasi senilai US$129 juta yang ditandatangani pada 12 Januari 2020 di Abu Dhabi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper