Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Kucurkan Rp26,5 Triliun untuk Bayar Subsidi dan Stimulus Listrik ke PLN

Subsidi listrik dalam APBN 2021 dianggarkan sebesar Rp53,59 triliun yang disalurkan kepada 38,33 juta pelanggan.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi pembayaran subsidi dan stimulus listrik tahun ini kepada PT PLN (Persero) telah mencapai Rp26,5 triliun.

“Terkait realisasi pembayaran subsidi listrik sampai Mei 2021 sebanyak Rp19,76 triliun, dan stimulus listrik sampai dengan semester I/2021 sebesar Rp6,74 triliun,” ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari dalam sebuah webinar, Kamis (22/7/2021).

Ida memaparkan bahwa subsidi listrik dalam APBN 2021 dianggarkan sebesar Rp53,59 triliun yang disalurkan kepada 38,33 juta pelanggan.

Anggaran itu belum termasuk pemberian stimulus ketenagalistrikan yang diberikan kepada masyarakat dan pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19.

Pemerintah telah memutuskan memperpanjang stimulus program ketenagalistrikan berupa diskon tarif tenaga listrik, pelaksanaan pembebasan biaya beban atau abonemen 50 persen, serta pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum 50 persen hingga Desember 2021.

Untuk menjalankan program bantuan tersebut, pemerintah memperkirakan kebutuhan dana untuk program stimulus ketenagalistrikan sepanjang 2021 mencapai Rp11,72 triliun.

Ida berharap perpanjangan program stimulus ini dapat meringankan beban masyarakat dan dapat meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Kami berharap stimulus listrik dan PPKM tidak berlangsung lama, tidak lewat tahun. Perpanjangan stimulus ini kita tahu juga jadi beban APBN tersendiri. Kami berharap masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari yang telah diperbuat pemerintah,” kata Ida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper