Tanoto Foundation Suplai 500 Ton Oksigen Bagi Pasien Covid-19

Tanoto Foundation mendonasikan 500 ton oksigen untuk kebutuhan pemulihan pasien Covid-19 di daerah Jawa.
Foto: dok. Tanoto Foundation
Foto: dok. Tanoto Foundation

Bisnis.com, JAKARTA- Tanoto Foundation mendonasikan 500 ton oksigen untuk kebutuhan pemulihan pasien Covid-19 di daerah Jawa. Donasi oksigen tersebut diproduksi oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (Grup APRIL) yang beroperasi di Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau. 

Satrio Tanujoyo, CEO Global Tanoto Foundation mengatakan bahwa pengiriman tahap pertama bantuan oksigen akan tiba di Jakarta 11 Juli 2021 dan diterima langsung oleh perwakilan Pemerintah yakni Kementerian Perindustrian, Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PNPB). 

Di tengah lonjakan kasus covid-19 di Indonesia, Satrio mengatakan ketersediaan oksigen di rumah sakit saat ini menjadi sangat krusial. Pihaknya berharap bantuan ini dapat menjadi solusi untuk meringankan dan mengendalikan kasus covid-19 di Indonesia.

“Donasi 500 ton oksigen produksi RAPP ini akan disalurkan secara bertahap dalam beberapa pekan ke depan. Ini wujud komitmen Tanoto Foundation dalam berkontribusi menangani Covid-19,” ujarnya dalam acara pelepasan truk pengangkut bantuan oksigen, Jumat (9/7/2021),

Pada kesempatan itu, dia mengucapkan terima kasih kepada  Pemerintah yang telah memberikan kesempatan kepada Tanoto Foundation untuk bermitra dalam misi penyediaan oksigen, serta berkoordinasi dengan elemen terkait guna mendistribusikan oksigen bantuan itu.

“ Harapan kami pasokan ini bantu penyembuhan proses penyembuhan. Semoga kita semua tetap sehat dan terus berkarya,” katanya. 

Edward Ginting, COO RAPP mengatakan bahwa oksigen tersebut diproduksi oleh jajarannya dan akan didistribusikan secara bertahap dari Pelalawan Kerinci. Dia berharap, dukungan ini bermanfaat bagi yang para pasien yang tengah menjalani perawatan akibat Covid-19.

“Bersama  kita pasti bisa mendukung Indonesia yang lebih baik. Kesehatan pulih, ekonomi bangkit,” ucapnya. 

Tanoto Foundation Suplai 500 Ton Oksigen Bagi Pasien Covid-19

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono mengatakan bahwa pertumbuhan kasus baru Covid-19 mencapai 38.000 kasus dan 8000 di antaranya mengalami fatalitas atau kematian. Covid, tuturnya, menyebabkan terjadinya kelainan pernafasan sehingga penderita butuh 1 struktur kimia penting yakni oksigen. 

“Mereka sulit bernafas dan dengan adanya bantuan oksigen ini sangat membantu mereka yang membutuhkannya,” kata dia. 

Pihaknya sudah memetakan produksi oksigen di Pulau Jawa yakni sebesar 1400 ton per hari, sementara kebutuhan oksigen untuk Jawa-Bali setiap hari mencapai 2620 ton. Dengan demikian, masih ada kekurangan 700 ton tiap hari sehingga, apa yang dikontribusikan oleh Tanoto Foundation ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.  

“Angka 500 ton bukan sekedar angka tapi bisa dimaksimalkan untuk mengurangi angka kematian akibat mereka yang sedang sesak nafas di lokasi perawatan. Terima kasih ke Tanoto Foundation atas jasa baik mereka,” ucapnya. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang juga mengucapkan terima kasih kepada Tanoto Foundation beserta mitranya yakni RAPP dan April Group.  Menurutnya, apa yang dilakukan oleh para pihak tersebut merupakan wujud nyata dari implementasi instruksi Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 1 /2021. 

Peraturan itu, lanjutnya, menginstruksikan perusahaan manufaktur untuk memprioritaskan kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 dan 3 hari silam pihaknya menjalin komunikasi dengan RAPP dan perusahaan itu segera menggelontorkan bantuan oksigen. 

“Ini langkah yang cepat dan luar biasa.  Kami tunggu kontribusi dari perusahaan lain agar bisa ikuti langkah RAPP,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, Tanoto Foundaton merupakan lembaga filantropi independen dalam bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei pada 1981. PT RAPP yang merupakan unit usaha dari Grup APRIL merupakan salah satu perusahaan yang tergabung dalam Royal Golden Eagle (RGE), yang mengelola sekelompok perusahaan manufaktur berbasis sumber daya alam (SDA) dan beroperasi secara global. Salah satu produk andalan yang diproduksi Grup APRIL yakni kertas “PaperOne” yang dipasarkan di lebih di 70 negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper