Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendag Pastikan Tidak Impor Beras dalam Waktu Dekat

Merujuk pada perkiraan yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), produksi beras sepanjang 2021 diprediksi mencapai 33 juta ton.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 05 Juli 2021  |  17:13 WIB
Mendag Pastikan Tidak Impor Beras dalam Waktu Dekat
Stok beras di gudang Bulog Lampung./Antara - Ruth Intan Sozometa Kanafi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan pemerintah tidak akan melakukan impor beras dalam waktu dekat. Potensi produksi serta kondisi stok memperlihatkan indikator positif pasokan dari dalam negeri.

Merujuk pada perkiraan yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), produksi beras sepanjang 2021 diprediksi mencapai 33 juta ton. Potensi produksi ini jauh meningkat dibandingkan dengan produksi sepanjang 2020 yang berjumlah 31,33 juta ton.

“Jika melihat prediksi BPS tahun ini, panen kita akan sedikit lebih baik dari pada tahun lalu yakni 33 juta ton,” kata Lutfi dalam konferensi pers virtual, Senin (5/7/2021).

Di sisi lain, stok beras pemerintah yang dikelola Perum Bulog mencapai 1,39 juta ton. Dengan asumsi penyaluran rutin Bulog dalam sebulan berjumlah 80.000 ton, stok tersebut bisa bertahan selama 17,4 bulan.

“Kalau melihat alur ini bisa kita pastikan tidak ada impor. Ketersediaan beras Bulog bisa memenuhi kebutuhan lebih dari setahun ke depan,” imbuhnya.

Realisasi pengadaan Bulog sampai awal Juli 2021 tercatat mencapai 730.848 ton. Stok beras yang dikelola perusahaan pelat merah tersebut sempat menjadi perhatian.

Bulog tercatat masih menyimpan beras sisa impor 2018 dan pengadaan dalam negeri pada 2019 dan 2020. Stok beras ini lantas memunculkan wacana impor di tengah kekhawatiran keamanan pasokan.

“Saya rasa ini [situasi] yang bagus dan stok nasional baik. Saya tidak ada ekspektasi impor beras dalam waktu dekat ini,” kata Lutfi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bahan pokok impor beras PPKM Darurat
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top