Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Dukung Pengembangan 104 Desa Wisata

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendukung pengembangan 104 desa wisata di berbagai daerah dengan dana yang dikucurkan lebih dari Rp24 miliar. Salah satu desa wisata unggulan yang dibina oleh PLN adalah Wisata Edukasi Terpadu (WET) Sendi di Mojokerto, Jawa Timur.
Desa Wisata Sendi di Mojokerto, Jawa Timur./Antara/PLN
Desa Wisata Sendi di Mojokerto, Jawa Timur./Antara/PLN

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengembangkan desa wisata di 104 lokasi di berbagai daerah melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dengan nilai mencapai Rp24,4 miliar.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi mengatakan program desa wisata bertujuan mendukung pemerintah untuk mengembangkan pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat berbasis desa.

"Program pembinaan desa wisata berbasis pemberdayaan masyarakat yang berkesinambungan terus melakukan upaya nyata membentuk kemandirian ekonomi desa dengan potensi yang dimiliki untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” kata Agung pada Minggu (27/6/2021).

Salah satu desa wisata unggulan yang dibina oleh PLN adalah Wisata Edukasi Terpadu (WET) Sendi yang berada di Mojokerto, Jawa Timur.

Lokasi itu tidak hanya menyuguhkan keindahan alam saja tetapi berbagai wisata edukasi terpadu yang dapat dinikmati pengunjung, seperti kawasan wisata outbound hingga wisata pertanian.

Pengembangan desa wisata Sendi yang dilakukan PLN berfokus pada pembangunan infrastruktur, pemberdayaan, dan kesejahteraan masyarakat sehingga mampu bertransformasi layaknya wisata edukasi berwawasan lingkungan dan budaya yang membawa peningkatan kesejahteraan ekonomi bagi warga.

Program desa wisata PLN tersebar di sejumlah daerah antara lain Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Agung menambahkan BUMN itu terus berkomitmen membantu perbaikan perekonomian masyarakat secara langsung dengan program sinergi pengembangan kemandirian desa. “Diharapkan program itu akan membantu melestarikan lingkungan dan budaya serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper