Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diskon Pajak Mobil Diperpanjang, Industri Komponen Berharap Permintaan Stabil

Perpanjangan diskon PPnBM tentu berakibat positif buat industri komponen. Apalagi untuk perusahaan yang memasok komponen ke OEM yang akan paling terdampak positif.
Ipak Ayu
Ipak Ayu - Bisnis.com 21 Juni 2021  |  19:53 WIB
Industri komponen otomotif - Antara
Industri komponen otomotif - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Industri komponen berharap kebijakan perpanjangan diskon pajak untuk mobil dapat mempertahankan permintaan yang kini mulai stabil.

Ketua Dewan Pengawas Perkumpulan Industri Kecil-Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) Wan Fauzi mengatakan saat ini permintaan sudah lumayan baik. Sayangnya, harga material kini semakin melejit.

"Utilisasi stabil 70 persen jadi sekarang kami cuman penjualan mobil tidak turun lagi karena sekarang kenaikan material bisa sampai 80 persen," katanya kepada Bisnis, Senin (21/6/2021).

Fauzi menyebut dengan tantangan harga material tersebut, pihaknya lebih memilih pemesanan jangka panjang atau per tiga bulanan guna menjaga tingkat harga material yang hampir naik setiap bulannya.

Ketua Umum Gabungan Industri Alat-alat Mobil dan Motor (GIAMM) Hamdhani Dzulkarnaen Salim juga mengatakan perpanjangan diskon PPnBM tentu berakibat positif buat industri komponen. Apalagi untuk perusahaan yang memasok komponen ke OEM yang akan paling terdampak positif.

"Saat ini, berharap semoga kasus Covid-19 segera mereda agar sampai akhir tahun dapat meningkat lagi dan tidak ada aral melintang lagi," ujarnya.

Hamdhani menyebut secara utilisasi saat ini juga lebih meningkat dibanding tahun lalu meski belum mencapai level sebelum pandemi.

Sisi lain, Hamdhani mengamini isu chip atau semikonduktor memang sedang menjadi tren. Bahkan, anggota GIAMM juga berusaha mencari sumber-sumber lain supaya tidak shortage.

"Dengan kondisi di atas tentunya yang tidak bisa dihindari cost akan meningkat," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pajak Industri Komponen PPnBM
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top