Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

China dan AS Sepakat Dorong Hubungan Dagang dan Investasi

Amerika Serikat berkomitmen untuk melakukan segalanya untuk membawa keseimbangan kembali ke hubungan perdagangan AS-China.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 10 Juni 2021  |  09:45 WIB
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan 2012 di Gedung Putih -  Bloomberg
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan 2012 di Gedung Putih - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Para menteri perdagangan China dan Amerika Serikat sepakat untuk mendorong hubungan perdagangan dan investasi dalam panggilan pertama mereka sejak dimulainya pemerintahan Biden.

Dilansir Bloomberg, Kamis (10/6/2021), menurut pernyataan pemerintah China, Menteri Perdagangan China Wang Wentao berbicara dengan rekannya Gina Raimondo pada Kamis pagi waktu China.

"Keduanya bertukar pandangan secara terbuka dan pragmatis tentang isu-isu yang relevan dan keprihatinan bersama," demikian menurut pernyataan itu.

Panggilan itu adalah yang ketiga antara pejabat senior dalam beberapa pekan terakhir, setelah Wakil Perdana Menteri Liu He berbicara dengan Perwakilan Dagang AS Katherine Tai dan Menteri Keuangan Janet Yellen.

Belum lama ini Tai menyatakan hubungan perdagangan antara dua ekonomi terbesar di dunia itu memiliki ketidakseimbangan yang signifikan dan pemerintahan Biden berkomitmen untuk memperbaikinya.

Katherine Tai mengatakan ada bagian dari hubungan AS-China yang tidak sehat dan dari waktu ke waktu telah merusak dalam beberapa cara yang sangat penting bagi ekonomi AS.

“Ini adalah hubungan dalam perdagangan yang ditandai dengan ketidakseimbangan yang signifikan – yaitu dalam hal kinerja, tetapi juga dalam hal peluang dan keterbukaan pasar kita satu sama lain,” katanya.

Dia melanjutkan Amerika Serikat berkomitmen untuk melakukan segalanya untuk membawa keseimbangan kembali ke hubungan perdagangan AS-China.

Komentar itu muncul saat kedua negara tampaknya meningkatkan diskusi ekonomi mereka, dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He berbicara kepada Tai dan Menteri Keuangan Janet Yellen selama dua minggu terakhir.

Sementara China mengatakan bahwa pembicaraan itu menunjukkan kedua belah pihak telah memulai kembali komunikasi normal, tidak ada tanda-tanda publik tentang kemajuan tarif bilateral atau diskusi mengenai titik nyala ekonomi lainnya antara negara-negara tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi china amerika serikat hubungan dagang
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top