Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ALI Minta Transportasi Pendukung Logistik Lebih Disempurnakan

Menurut ALI, sistem transportasi yang lebih sempurna akan sangat membantu para pelaku logistik untuk fokus pada manajemen yang menjadi bidang masing-masing. 
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  18:14 WIB
Truk logistik melewati jalan tol di T.B. Simatupang, Jakarta, Rabu (28/4/2021). - Bisnis.com
Truk logistik melewati jalan tol di T.B. Simatupang, Jakarta, Rabu (28/4/2021). - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) meminta agar transportasi pendukung logistik lebih disempurnakan kendati sejauh ini keberadaan sektor tersebut sudah cukup baik dan memudahkan proses pengiriman barang.

Namun, menurut Ketua Dewan Pakar ALI Nofrisel, isu pentingnya saat ini adalah bagaimana pemerintah mampu membangun sistem transportasi intermoda.

"Saya melihat bahwa apa yang sudah dilakukan pemerintah hari ini sangat luar biasa karena memang pada dasarnya moda transportasi itu nggak bisa berdiri sendiri," katanya, Senin (7/6/2021).

Menurutnya, sistem transportasi yang lebih sempurna akan sangat membantu para pelaku logistik untuk fokus pada manajemen yang menjadi bidang masing-masing. 

Dia mencontohkan pemain di sektor pergudangan nantinya hanya perlu fokus bagaimana membuat gudangnya lebih efisien sebab mereka sudah yakin dengan adanya konektivitas melalui transportasi jenis apapun akan bisa memudahkan distribusinya.

"Maka saya kira kita di dunia logistik itu tinggal makin menyempurnakan dan konsentrasi kepada pengembangan SDM [sumber daya manusia] dan infrastruktur perusahaan dan penerapan teknologi yang lebih baik, kemudian menjadikan kondisi manajemen logistik secara keseluruhan semakin berkualitas dan efisien," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan sektor transportasi siap mendukung kebijakan pemerintah melalui berbagai program subsidi baik angkutan penumpang, angkutan logistik dan mendorong revitalisasi serta pembangunan infrastruktur transportasi untuk meningkatkan konektivitas di berbagai wilayah Indonesia.

Menurutnya, meski seluruh sektor transportasi terpukul karena pandemi Covid-19, keberadaan sektor tersebut tetap menjadi lokomotif yang terus berdenyut bahkan menjadi penopang sektor lain untuk terus bergerak.

"Untuk memenuhi harapan agar roda perekonomian nasional tetap bergulir [pada masa pandemi] khususnya di sektor transportasi, dapat saya pastikan siap untuk mendukung kebijakan pemerintah. Kami berupaya memastikan pelayanan transportasi logistik terus berjalan untuk menopang ketahanan energi, pangan dan kegiatan di berbagai sektor lainnya sehingga ekonomi menjadi bangkit dan mencapai kondisi yang lebih baik," ujar Menhub.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asosiasi logistik indonesia biaya logistik
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top