Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ALI Minta Transportasi Pendukung Logistik Lebih Disempurnakan

Menurut ALI, sistem transportasi yang lebih sempurna akan sangat membantu para pelaku logistik untuk fokus pada manajemen yang menjadi bidang masing-masing. 
Truk logistik melewati jalan tol di T.B. Simatupang, Jakarta, Rabu (28/4/2021)./Bisnis.com
Truk logistik melewati jalan tol di T.B. Simatupang, Jakarta, Rabu (28/4/2021)./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) meminta agar transportasi pendukung logistik lebih disempurnakan kendati sejauh ini keberadaan sektor tersebut sudah cukup baik dan memudahkan proses pengiriman barang.

Namun, menurut Ketua Dewan Pakar ALI Nofrisel, isu pentingnya saat ini adalah bagaimana pemerintah mampu membangun sistem transportasi intermoda.

"Saya melihat bahwa apa yang sudah dilakukan pemerintah hari ini sangat luar biasa karena memang pada dasarnya moda transportasi itu nggak bisa berdiri sendiri," katanya, Senin (7/6/2021).

Menurutnya, sistem transportasi yang lebih sempurna akan sangat membantu para pelaku logistik untuk fokus pada manajemen yang menjadi bidang masing-masing. 

Dia mencontohkan pemain di sektor pergudangan nantinya hanya perlu fokus bagaimana membuat gudangnya lebih efisien sebab mereka sudah yakin dengan adanya konektivitas melalui transportasi jenis apapun akan bisa memudahkan distribusinya.

"Maka saya kira kita di dunia logistik itu tinggal makin menyempurnakan dan konsentrasi kepada pengembangan SDM [sumber daya manusia] dan infrastruktur perusahaan dan penerapan teknologi yang lebih baik, kemudian menjadikan kondisi manajemen logistik secara keseluruhan semakin berkualitas dan efisien," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan sektor transportasi siap mendukung kebijakan pemerintah melalui berbagai program subsidi baik angkutan penumpang, angkutan logistik dan mendorong revitalisasi serta pembangunan infrastruktur transportasi untuk meningkatkan konektivitas di berbagai wilayah Indonesia.

Menurutnya, meski seluruh sektor transportasi terpukul karena pandemi Covid-19, keberadaan sektor tersebut tetap menjadi lokomotif yang terus berdenyut bahkan menjadi penopang sektor lain untuk terus bergerak.

"Untuk memenuhi harapan agar roda perekonomian nasional tetap bergulir [pada masa pandemi] khususnya di sektor transportasi, dapat saya pastikan siap untuk mendukung kebijakan pemerintah. Kami berupaya memastikan pelayanan transportasi logistik terus berjalan untuk menopang ketahanan energi, pangan dan kegiatan di berbagai sektor lainnya sehingga ekonomi menjadi bangkit dan mencapai kondisi yang lebih baik," ujar Menhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper