Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Capaian Realisasi Produksi dan DMO Batu Bara hingga Mei 2021

Realisasi penggunaan batu bara untuk kepentingan dalam negeri tercatat telah mencapai 51,8 juta ton per 31 Mei 2021.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  14:59 WIB
Alat berat beroperasi di kawasan penambangan batu bara Desa Sumber Batu, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Rabu (8/7/2020). ANTARA FOTO - Syifa Yulinnas
Alat berat beroperasi di kawasan penambangan batu bara Desa Sumber Batu, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Rabu (8/7/2020). ANTARA FOTO - Syifa Yulinnas

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat realisasi produksi batu bara nasional hingga Mei 2021 mencapai 237 juta ton.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa realisasi tersebut mencapai sekitar 38 persen dari target produksi sepanjang tahun ini yang ditetapkan sebesar 625 juta ton.

"Beberapa kendala yang dialami oleh badan usaha antara lain kondisi cuaca dan bencana pada awal 2021," ujar Ridwan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Senin (7/6/2021).

Sementara itu, realisasi penggunaan batu bara untuk kepentingan dalam negeri (domestic market obligation/DMO) tercatat telah mencapai 51,8 juta ton per 31 Mei 2021. Realisasi DMO ini telah mencapai 37,7 persen dari target tahun ini yang ditetapkan sebesar 137,5 juta ton.

Ridwan mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan para produsen batu bara memenuhi kewajibannya dalam memenuhi ketentuan DMO yang ditetapkan pemerintah.

"Kami memastikan kebutuhan batu bara dalam negeri akan tetap dipenuhi sebagaimana yang telah ditentukan," kata Ridwan.

Sebelumnya, Kementerian ESDM telah memutuskan untuk meningkatkan target produksi batu bara tahun ini dari 550 juta ton menjadi 625 juta ton. Peningkatan tersebut karena adanya tambahan jumlah produksi batu bara tahun ini sebesar 75 juta ton untuk penjualan ke luar negeri sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap sektor pertambangan yang terdampak pandemi Covid-19.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batu bara dmo mineral
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top