Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menko Airlangga Blusukan ke Warkop Digital, Temui Alumni Kartu Prakerja

Menko Perekonomian Airlangga Hartanto blusukan ke Warkop Digital yang sukses dijalankan oleh alumni program Kartu Prakerja.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 04 Juni 2021  |  16:41 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto menemui alumni Kartu Prakerja yang kini menjalankan bisnis Warkop Digital di Bogor, Jawa Barat - Warkop Digital
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto menemui alumni Kartu Prakerja yang kini menjalankan bisnis Warkop Digital di Bogor, Jawa Barat - Warkop Digital

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengunjungi atau blusukan ke Warkop Digital Bogor, Jawa Barat sekaligus menemui alumni program Kartu Prakerja 2020/2021.

Salah satu pelaku UMKM yang ditemui oleh Airlangga adalah Syarief Hidayat. Dia merupakan alumni program Prakerja Gelombang 8. Setelah menyelesaikan program Kartu Prakerja, Syarief kini berhasil menjadi pengusaha kedai kopi Warkop Digital di Jalan Bogor Nirwana Residence B12/196.

“Warkop Digital merupakan cara modern untuk meningkatkan kegiatan ekonomi rakyat sekaligus mengatasi krisis akibat Covid-19. Semoga Syarief sukses dan sehat selalu," ujar Airlangga dalam keterangan resmi, Jumat (4/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga juga memberikan dukungan alat-alat untuk menunjang kinerja , yaitu laptop i core5, smart TV 42 inch dari Jamkrindo, juga modal penguatan KUR Super Mikro sebesar 10 Juta dari BNI 46 untuk Warkop Digital milik Syarief.

Kemenko Perekonomian juga siap menambah layanan agen-agen digital seperti QRIS, point of sales (POS), logistik hub, serta info tempat-tempat wisata desa/kelurahan.

Dia mengatakan Salah satu prioritas Pemerintah adalah memberikan dukungan terhadap pelaku UMKM. Alasan pemerintah berkomitmen mendorong pelaku UMKM untuk lebih melek digital, sebab pertumbuhan UMKM digital diyakini akan ikut berperan dalam pemulihan ekonomi nasional.

Guna mendukung program pemerintah, Warkop Digital hadir sebagai program pemberdayaan masyarakat desa melalui layanan digital dengan warung kopi sederhana. Masterplan Warkop Digital untuk mewujudkan kedai Warkop Digital di 8.490 kelurahan dan 75.436 desa di seluruh Indonesia. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Alumni Prakerja.

Program Warkop Digital telah hadir di 7 Provinsi guna akselerasi dengan program digitalisasi pemerintah, salah satunya adalah program Desa Digital Desa Wisata.

Warkop Digital merupakan program serba digital dan berbasis internet yang memiliki unggulan produk kopi Bengkulu. Warung kopi dan makanan yang awalnya biasa saja, dirombak menjadi tempat bagi warga desa mencari informasi lantaran didukung jaringan internet.

"Pemerintah memandang UMKM digital sebagai kunci pemulihan ekonomi. Saya berharap Warkop Digital dapat terus berkembang ke desa/kelurahan lain untuk membantu percepatan ekonomi desa," kata Airlangga.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm airlangga hartarto kartu prakerja
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top