Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kuartal I/2021, Pelindo I: Arus Peti Kemas Naik 10 Persen

Pelindo I mencatat arus peti kemas berhasil naik 10 persen pada kuartal I/2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 25 Mei 2021  |  18:25 WIB
Pelabuhan Kuala Tanjung. Sebagai hub internasional, pelabuhan ini didesain untuk mengakomodasi kapal-kapal berukuran besar dengan bobot 50.000 DWT (dead weight tonnage) serta berbagai jenis muatan, dari petikemas, curah cair, hingga kargo umum.  - Pelindo I
Pelabuhan Kuala Tanjung. Sebagai hub internasional, pelabuhan ini didesain untuk mengakomodasi kapal-kapal berukuran besar dengan bobot 50.000 DWT (dead weight tonnage) serta berbagai jenis muatan, dari petikemas, curah cair, hingga kargo umum. - Pelindo I

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I mencatat arus peti kemas sebesar 360.646 TEUs pada kuartal I/2021. Angka ini naik 10 persen dibandingkan dengan kuartal I/2020 yang sebesar 327.742 TEUs.

SVP Sekretaris Perusahaan Basuki Soleh mengatakan peningkatan trafik peti kemas ini disebabkan arus peti kemas internasional di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT), dan cabang Pekanbaru selama kuartal I/2021 yang sebanyak 141.161 TEUs, naik 3,65 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 136.196 TEUs.

Selain itu, dia menyebut Pelindo I melayani kunjungan kapal dengan total volume angkutan sebesar 52.162.812 GT (gross tonnage), meningkat 33,37 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang sebesar 39.111.260 GT.

"Kenaikan ini disebabkan oleh peningkatan kapal-kapal cargo dan peti kemas di pelabuhan umum terutama di cabang Pelabuhan Belawan. Tak hanya itu, kenaikan tersebut juga disebabkan oleh peningkatan kunjungan kapal cargo [curah cair, curah kering, dan general cargo] di Terminal Khusus yang dilayani oleh Pelindo I cabang Dumai, Batam, Tanjung Balai Karimun, Sei Pakning, dan Pekanbaru," katanya dalam siaran pers, Selasa (25/5/2021).

Kendati saat ini masih pandemi, dia optimistis Pelindo I terus mencatatkan trafik bongkar muat yang terus meningkat. Adapun strategi yang akan dilakukan Pelindo I yaitu dengan memperkuat bisnis marine service, pengembangan pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri, digitalisasi pelabuhan, layanan logistik terintegrasi, serta meningkatkan kolaborasi dengan partner strategis.

Lebih lanjut dia menuturkan, pada tahun ini, Pelindo I terus mengakselerasi pengembangan Kuala Tanjung Port and Industrial Estate (Kuala Tanjung PIE), salah satunya melalui sejumlah kerja sama dengan mitra strategis.

Sementara untuk mendukung performa perusahaan pada tahun ini, sambungnya, Pelindo I akan mengoptimalkan layanan di Pelabuhan Belawan melalui pengoperasian Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan Fase 2 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang kian meningkat.

“Pelindo I akan mengoptimalisasi posisi strategisnya untuk mewujudkan visinya menjadi gerbang utama Indonesia ke jaringan logistik global,” imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peti kemas pt pelindo i
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top