Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Bisa Capai 7 Persen?

Pemerintah optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2021 bakal mencapai 7 persen, meskipun pada kuartal pertama tahun ini masih negatif, yakni -0,74 persen.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 17 Mei 2021  |  06:32 WIB
Sejumlah warga berbelanja pakaian di Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021).  - Antara  Fotor/Aditya Pradana Putra
Sejumlah warga berbelanja pakaian di Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021). - Antara Fotor/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA — Target pertumbuhan ekonomi pemerintah dinilai masih relevan seiring dengan kepercayaan konsumsi masyrakat yang semakin tinggi.

Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk. David Samual mengatakan kontraksi ekonomi pada kuartal kedua tahun lalu sangat dalam, sehingga potensi pertumbuhan ekonomi yang moderat pada kuartal ini akan terasa signifikan.

"Dengan tren pertumbuhan ekonomi awal tahun yang bagus, pertumbuhan ekonmi 5 persen pada kuartal kedua sudah di tangan. Dengan sedikit dorongan kinerja ekonomi pada periose puasa lebaran dan sisa kuartal ini, target 7 persen masih sangat relevan," katanya, Minggu (16/5/2021).

David menyampaikan kepercayaan konsumsi masyarakat menjadi faktor utama kinerja ekonomi. Meski permerintah memberlakukan larangan mudik dan pembatasan sosial, masyarakat masih menemukan cara untuk meningkatkan mobilitasnya.

"Bahkan tren belanja online saat ini juga mendorong masyaralat tetap berbelanja meski mobilitas terbatas. Ini justru menjadi modal tren kinerja ekonomi ke depan," sebutnya.

David menyampaikan tren kinerja ekspor pun juga cukup baik beberapa bulan terakhir.

"Pemerintah pun juga memiliki anggaran pemulihan ekonomi yang cukup besar tahun ini. Itu juga tentu dimaksimalkan di sisa kuartal ini," imbuhnya.

Adapun pemerintah tetap optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2021 bakal mencapai 7 persen, meskipun pada kuartal pertama tahun ini masih negatif, yakni -0,74 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini tren pertumbuhan ekonomi bakal ke arah positif di kuartal mendatang.

Hal ini ditandai oleh sejumlah indikator seperti Purchasing Manager’s Index (PMI) sebesar 54,6, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) di zona optimistis yatu 101,5, dan kinerja ekspor dan impor yang sudah membaik.

Lalu, belanja pemerintah tumbuh positif, serta beberapa sektor yang tumbuh positif seperti informasi dan komunikasi, jasa kesehatan, pertanian, properti dan industri.

“Dengan adanya PPnBM dan PPN ditanggung pemerintah ini sekarang sudah ke arah yang positif, dan terjadi kenaikan yang cukup tinggi. Kita lihat PMTB sudah mendekati 0 atau -0,23, eskpor 6,74%, bahkan lebih tinggi dari pre-Covid demikian juga impor barang modal dan konsumsi 5,27%,” jelas Airlangga, Sabtu (15/5).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi konsumsi pemulihan ekonomi
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top