Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Bisa Capai 7 Persen?

Pemerintah optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2021 bakal mencapai 7 persen, meskipun pada kuartal pertama tahun ini masih negatif, yakni -0,74 persen.
Sejumlah warga berbelanja pakaian di Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021). /Antara  Fotor-Aditya Pradana Putra
Sejumlah warga berbelanja pakaian di Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021). /Antara Fotor-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA — Target pertumbuhan ekonomi pemerintah dinilai masih relevan seiring dengan kepercayaan konsumsi masyrakat yang semakin tinggi.

Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk. David Samual mengatakan kontraksi ekonomi pada kuartal kedua tahun lalu sangat dalam, sehingga potensi pertumbuhan ekonomi yang moderat pada kuartal ini akan terasa signifikan.

"Dengan tren pertumbuhan ekonomi awal tahun yang bagus, pertumbuhan ekonmi 5 persen pada kuartal kedua sudah di tangan. Dengan sedikit dorongan kinerja ekonomi pada periose puasa lebaran dan sisa kuartal ini, target 7 persen masih sangat relevan," katanya, Minggu (16/5/2021).

David menyampaikan kepercayaan konsumsi masyarakat menjadi faktor utama kinerja ekonomi. Meski permerintah memberlakukan larangan mudik dan pembatasan sosial, masyarakat masih menemukan cara untuk meningkatkan mobilitasnya.

"Bahkan tren belanja online saat ini juga mendorong masyaralat tetap berbelanja meski mobilitas terbatas. Ini justru menjadi modal tren kinerja ekonomi ke depan," sebutnya.

David menyampaikan tren kinerja ekspor pun juga cukup baik beberapa bulan terakhir.

"Pemerintah pun juga memiliki anggaran pemulihan ekonomi yang cukup besar tahun ini. Itu juga tentu dimaksimalkan di sisa kuartal ini," imbuhnya.

Adapun pemerintah tetap optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2021 bakal mencapai 7 persen, meskipun pada kuartal pertama tahun ini masih negatif, yakni -0,74 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini tren pertumbuhan ekonomi bakal ke arah positif di kuartal mendatang.

Hal ini ditandai oleh sejumlah indikator seperti Purchasing Manager’s Index (PMI) sebesar 54,6, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) di zona optimistis yatu 101,5, dan kinerja ekspor dan impor yang sudah membaik.

Lalu, belanja pemerintah tumbuh positif, serta beberapa sektor yang tumbuh positif seperti informasi dan komunikasi, jasa kesehatan, pertanian, properti dan industri.

“Dengan adanya PPnBM dan PPN ditanggung pemerintah ini sekarang sudah ke arah yang positif, dan terjadi kenaikan yang cukup tinggi. Kita lihat PMTB sudah mendekati 0 atau -0,23, eskpor 6,74%, bahkan lebih tinggi dari pre-Covid demikian juga impor barang modal dan konsumsi 5,27%,” jelas Airlangga, Sabtu (15/5).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper