Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Kondisi Bandara Soekarno-Hatta saat Lebaran 2021

PT Angkasa Pura II menjelaskan kondisi terkini Bandara Soekarno-Hatta saat Lebaran 2021.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 13 Mei 2021  |  13:59 WIB
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.  - Bisnis.com
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Operasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten tetap berjalan lancar kendati hari ini mayoritas masyarakat tengah merayakan Idulfitri 1442 H.

VP Corporate Communication PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II Yado Yarismano mengatakan operasional bandara berjalan baik dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Untuk operasi bandara saat ini berjalan lancar. Seluruh prokes juga berjalan dengan baik. Kami imbau juga semua penumpang untuk terus melaksanakan protokol kesehatan di semua bandara kami," katanya kepada Bisnis.com, Kamis (13/5/2021).

Meski begitu, dia mengaku bahwa selama periode peniadaan mudik 6-17 Mei 2021, Bandara Soetta mengalami penurunan jumlah penumpang yang signifikan.

Pasalnya, rata-rata penumpang di Bandara Soetta pada beberapa pekan sebelum diberlakukannya pelarangan mudik tercatat sekitar 50.000-70.000 penumpang per harinya.

"Sekarang, rata-rata [penumpang] di bandara Soekarno-Hatta sekitar 3.000-7.000 penumpang per harinya di masa peniadaan mudik ini," sebutnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengapresiasi koordinasi yang baik antara AP II, maskapai, Satgas Penanganan Covid-19, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), sehingga proses pengecekan dokumen untuk mendapatkan ijin melakukan perjalanan yang dikecualikan di Bandara Soetta dapat berjalan dengan baik.

Menhub juga meminta kepada seluruh pemangku kepentingan di Bandara Soetta untuk mengantisipasi potensi kenaikan jumlah penumpang pada arus balik Lebaran yang diprediksi terjadi pada Minggu (16/5/2021) atau Senin (17/5/2021).

“Kami meminta kepada seluruh petugas di bawah koordinasi Satgas untuk tetap menjaga penerapan protokol kesehatan dan SOP yang sudah ditetapkan baik untuk penanganan penumpang yang akan berangkat maupun yang akan datang dan mereka yang harus melakukan karantina. Jumlah ketersediaan ruang karantina harus dipastikan tersedia,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura ii
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top