Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bujet Rp1 Miliar Ingin Miliki Hunian di Jakarta? Ini Solusinya

Rumah.com mengungkapkan banyak pencari hunian ingin memiliki tempat tinggal di Jakarta, tetapi anggaran mereka rata-rata maksimal Rp1 miliar. Untuk rumah tapak, itu sulit, tetapi Rumah.com mempunyai solusinya.
Ilustrasi kompleks perumahan./Bisnis.com
Ilustrasi kompleks perumahan./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pencarian hunian di portal properti Rumah.com menunjukkan mayoritas pencarian hunian di Jabodetabek menginginkan lokasi di DKI Jakarta, tetapi dengan harga maksimal Rp1 miliar.

“Jadi, kisaran harga yang dicari belum sesuai dengan lokasi yang diinginkan," ungkap Country Manager Rumah.com Marine Novita melalui keterangan tertulis pada Jumat (7/5/2021).

Dia mengemukakan kalau ingin mencari rumah tapak di Jakarta, konsumen harus menyediakan dana setidaknya Rp2,5 miliar. Oleh sebab itu, Marine menyarankan pencari properti yang mengincar hunian di Jakarta tetapi dengan bujet terbatas, sebaiknya melirik apartemen.

“Dengan bujet di kisaran Rp750 juta, konsumen masih bisa mendapatkan unit apartemen dengan dua kamar tidur,” paparnya.

Marine mengemukakan pula bahwa pencarian properti di Rumah.com sepanjang kuartal pertama tahun ini meningkat 26 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (quarter-to-quarter/qtq).

Sementara itu, apabila dibandingkan dengan 3 bulan pertama tahun lalu (year-on-year/yoy), pencarian hunian di Rumah.com melonjak hingga 183 persen.

Marine mengutarakan kenaikan tren pencarian properti ini erat kaitannya dengan siklus properti tahunan yaitu kuartal pertama merupakan masa permintaan properti meningkat setelah pada kuartal sebelumnya orang lebih memfokuskan pengeluaran untuk kebutuhan belanja konsumtif dan liburan.

Kisaran harga yang paling diminati konsumen, lanjutnya, berada di kisaran Rp300 juta hingga Rp750 juta yakni mencapai 27 persen. Jika diakumulasikan, mayoritas pencarian menginginkan hunian di bawah Rp1 miliar mencapai 56 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper