Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Sesuaikan Konstruksi SPAM Karian Serpong dengan Bendungan Karian

Pelaksanaan konstruksi SPAM Karian Serpong akna dimulai pada November 2021 dan berakhir pada Oktober 2024.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/9/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/9/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimistis penyelesaian pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) Karian Serpong akan bertepatan dengan penyelesaian konstruksi Bendungan Karian.

Menteri PUPR Basui Hadimuljono mengatakan akan mengatur waktu konstruksi SPAM Karian Serpong dan Bendungan Karian tidak berbeda jauh. Karena itu, Basuki meminta agar off taker SPAM Karian Serpong untuk memulai pendataan penambahan SR lebih dini.

"Ini butuh sambungan rumah yang tidak sedikit. Biasanya kalau sudah dekat-dekat [waktu penyelesaian konstruksi SPAM] baru [cari pelanggan]. Sekarang kerjanya," katanya di Aula Kementerian PUPR, Jumat (30/4/2021).

Off taker SPAM Karian Serpong yang dimaksud adalah Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya, PDAM Tirta Benteng Kota Tanggerang, dan PT Tirta Kerta Rahaja. Adapun, jumlah sambungan rumah (SR) yang harus disiapkan ketiga off taker tersebut untuk mendistribusikan air besih SPAM Karian Serpong mencapai 368.000 SR.

Secara rinci, DKI Jakarta akan mendapatkan alokasi terbesar dari kapasitas SPAM Karian-Serpong atau sebanyak 3.200 lpd yang disebar pada maksimal 256.000 sambungan rumah (SR). Kapasitas tersebut diproyeksikan dapat melayani 1,2 juta jiwa di Ibu Kota atau menambah kapasitas air pipa sebanyak 12 persen.

Sementara itu, Kota Tangerang direncanakan akan mendapatkan air bersih sebanyak 750 lpd yang ditrasmisikan melalui sekitar 60.000 SR. Transmisi air bersih tersebut dapat melayani sekitar 307.000 juta jiwa dan menambah porsi air perpipaan sebanyak 15 persen.

Adapun, sebanyak 650 lpd air bersih akan disalurkan ke Kota Tanggerang Selatan yang disebar melalui sekitar 25.000 SR. SPAM Karian-Serpong direncanakan dapat menyediakan air bersih bagi sekitar 260.000 orang di Kota Tanggerang Selatan atau menambah porsi air peripaan sebanyak 19 persen.

Seperti diketahui, SPAM Karian Serpong akan dibangun oleh PT Karian Water Services (KWS). Sementara itu, KWS merupakan perusahaan patungan antara PT Adhi Karya (Persero) Tbk., Korean Water Resources Corporation, dan LG International Corporation.

Basuki optimistis KWS dapat menyelesaikan konstruksi SPAM Karian Serpong tepat waktu. Pelaksanaan konstruksi SPAM Karian Serpong akna dimulai pada November 2021 dan berakhir pada Oktober 2024.

"Saya tidak ragu kamu [KWS] dapat menyelesaikannya pada waktu yang tepat. Tapi, kita harus bkerja keras untuk memastikan bahwa ini [air bersih dari SPAM Karian Serpong] dapat segera dimanfaatkan," ujarnya.

Berdasarkan catatan Kementerian PUPR, perkemabngan konstruksi Bendunga Karian saat ini telah mencapai 80,14 persen dan dijadwalkan rampung pada 2022. Adapun, bendunga tersebut telah dibangun sejak 2015.

Bendungan Karian menelan biaya Rp1,30 triliun ini dikerjakan oleh joint operation (JO) Daelim Industrial Co. Ltd.; PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Bendungan Karian direncanakan menjadi sumber air baku di 9 kota/kabupaten di Banten dan Jakarta.

Selain itu, Bendungan Karian memiliki kapasitas tampung 314,70 juta meter kubik dengan luas genangan maksimum 1.740 hektare. Bendungan Karian bisa mengendalikan banjir Sungai Ciberang sebesar 60,80 juta meter kubik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper