Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jadi Spesialis Bendungan, Brantas Abipraya Incar Proyek Bendungan Baru

Brantas secara total akan berpartisipasi dalam pembangunan 16 bendungan sepanjang 2021 atau sekitar 33 persen dari total bendungan nasional pada tahun ini.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 26 April 2021  |  19:09 WIB
Bendungan Napungete di NTT.  - Kementerian PUPR
Bendungan Napungete di NTT. - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — PT Brantas Abipraya (Persero) akan menjadi spesialis konstruksi bendungan dalam tim project management office (PMO) Kementerian BUMN. Oleh karena itu, perseroan akan mengincar lima proyek konstruksi bendungan baru pada 2021.

Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas optimistis perseroan dapat memenangi lelang lima proyek bendungan tersebut. Pasalnya perusahaan memiliki kekuatan teknis dan finansial yang cukup.

"[Konstruksi bendungan] itu core business kami. Abipraya lahir dari bendungan," katanya kepada Bisnis, Senin (26/4/2021).

Abipraya menyatakan refocusing yang dialami oleh Direktorat Jenderal Sumer Daya Air  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tidak akan mempengaruhi performa perseroan. Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh karakteristik konstruksi bendungan yang umumnya berkontrak tahun jamak.

Dengan demikian, lanjutnya, perseroan tidak mengalami tekanan finansial yang terlalu berat. Brantas secara total akan berpartisipasi dalam pembangunan 16 bendungan sepanjang 2021 atau sekitar 33 persen dari total bendungan nasional pada tahun ini.

Secara terperinci, bendungan yang akan dibangun adalah Bendungan Cipanas, Keureuto, Ciawi, Semantik, Sidan, Beringin Sila, Bulango, Bintang Bano lanjutan, Budong-Budong, Tukul Lanjutan, Bendungan Bener paket 1 dan 4, Bagong, Sepaku Semoi, Kuningan, dan Bendungan Jragung.

Manager Wasdal Divisi Operasi 2 Brantas Abipraya Djoko Men Utomo menyatakan perusahaan akan merampungkan enam konstruksi bendungan sepanjang 2021. Adapun, salah satu bendungan yang telah rampung adalah Bendungan Tukul.

"Selain Bendungan Tukul, tahun ini Brantas Abipraya juga menargetkan lima bendungan lainnya selesai, yaitu Bendungan Tapin, Bendungan Kuningan, Bendungan Semantok, Bendungan Ciawi, dan Bendungan CIpanas," kata Djoko.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brantas abipraya bendungan
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top