Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Erick Thohir Sambut Kedatangan Tanker Raksasa Pertamina Pride

Pertamina telah mengucurkan investasi untuk dua kapal raksasa yang diberi nama Pertamina Pride dan Pertamina Prime.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 15 April 2021  |  16:32 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (kedua kiri) berfoto bersama memperlihatkan miniatur VLCC Pertamina Pride pada saat prosesi penerimaan kedatangan kapal tanker tersebut di Teluk Semangka, Lampung, Kamis (15/4/2021). - Bisnis/M. Ridwan
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (kedua kiri) berfoto bersama memperlihatkan miniatur VLCC Pertamina Pride pada saat prosesi penerimaan kedatangan kapal tanker tersebut di Teluk Semangka, Lampung, Kamis (15/4/2021). - Bisnis/M. Ridwan

Bisnis.com, KOTAAGUNG — Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menerima kedatangan kapal pengangkut minyak mentah raksasa milik PT Pertamina (Persero) yang dinamakan Pertamina Pride.

Erick menerima kapal tanker very large crude carrier (VLCC) berkapasitas 2 juta barel yang dibangun di galangan Japan Marine United (JMU) sejak 2018. Acara penerimaan kapal itu turut dihadiri oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Menteri BUMN mengatakan bahwa di dalam tubuh perusagaan BUMN harus terus dilakukan sejumlah transformasi. Pengadaan kapal itu dinilai sebagai langkah transformasi yang ditempuh Pertamina pada era transisi energi.

"VLCC ini tidak hanya mentransformasi pelayaran Pertamina, tetapi menjadi integrated market logistic. Kita berharap ketahanan energi nasional tidak hanya kuat, tapi juga sustainable karena perubahan yang terjadi karena covid terlalu cepat," katanya dalam acara yang digelar di Teluk Semangka, Lampung, Kamis (15/4/2021).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa Pertamina telah mengucurkan investasi untuk dua kapal raksasa yang diberi nama Pertamina Pride dan Pertamina Prime.

Menurutnya, dengan teknologi yang lebih modern pengoperasian kapal itu bisa lebih menciptakan efisiensi. Di samping itu, dengan pembelian kapal tersebut, maka Pertamina tidak lagi menyewa kapal untuk armada pengangkutan.

Dia mengungkapkan bahwa pembelian kapal itu juga sejalan dengan rencana membuat perusahaan pelat merah itu go global dan merambah pasar internasional yang lebih luas. "Kita lakukan kita masuk ke internasional market dan kedua meningkatkan coverage-nya," jelasnya .

Kapal tanker VLCC Pertamina Pride merupakan kapal dengan single screw driven single deck type crude oil tanker, dengan panjang keseluruhan sebesar 329.904 meter, deadweight tonnage sebesar 301.781 ton, gross tonnage sebesar 157.116 ton, dan cargo carrying capacity sebesar 2 juta barrel.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina kapal tanker
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top