Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Strategi Sri Mulyani Tangkal Korupsi di Kementerian Keuangan

Kemenkeu terus melakukan reformasi di bidang logistik nasional untuk meningkatkan kinerja sistem logistik Indonesia agar semakin kompetitif dan memiliki tata kelola yang baik. Hal ini dilakukan dalam rangka memperbaiki iklim investasi dan daya saing perekonomian Indonesia.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 13 April 2021  |  13:48 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat tiba di depan Ruang Rapat Paripurna I untuk menghadiri Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat tiba di depan Ruang Rapat Paripurna I untuk menghadiri Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri keuangan Sri Mulyani indrawati menyampaikan pengelolaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai bendahara negara akan terus diupayakan dengan tata kelola yang baik, akuntabel, dan transparan.

Menurutnya, profesionalitas yang terus dijaga dan dengan penuh integritas merupakan tujuan dari aksi pencegahan korupsi di bidang keuangan negara.

“Itu berarti mencakup seluruh aspek keuangan negara, apakah sisi penerimaan, belanja, bahkan pembiayaan dan kekayaan negara,” katanya dalam acara Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Stranas PK 2021-2022, Selasa (13/4/2021).

Dari sisi penerimaan, Sri Mulyani menjelaskan Kemenkeu terus mengawal dan mengembangkan berbagai aksi untuk mencegah korupsi, salah satunya melalui perbaikan regulasi dan kebijakan.

“Misalnya integrasi kuota impor dengan memanfaatkan data importasi dalam rangka mengoptimalkan penerimaan negara dan meningkatkan pengawasan kegiatan importasi, serta kepatuhannya,” jelasnya.

Di samping itu, Kemenkeu juga terus melakukan reformasi di bidang logistik nasional untuk meningkatkan kinerja sistem logistik Indonesia agar semakin kompetitif dan memiliki tata kelola yang baik. Hal ini dilakukan dalam rangka memperbaiki iklim investasi dan daya saing perekonomian Indonesia.

Dari sisi penerimaan negara yang bersumber dari pajak, Sri Mulyani mengatakan Kemenkeu memanfaatkan basis data beneficial owner dalam rangka menggali potensi penerimaan pajak dan memastikan kepemilikan dari kewajiban pajak.

Kemenkeu juga telah meningkatkan validitas wajib bayar penerimaan negara bukan pajak mineral dan batubara atau PNBP minerba. Hal ini untuk memastikan kepatuhan wajib pajak di sektor minerba

“Dalam memperkuat proses bisnis secara digital, Kemenkeu telah mengembangkan pembaruan sistem inti administrasi perpajakan dan ini diharapkan terus memperkuat institusi pajak, penuh integritas, dan profesional, dan yang paling penting memberikan layanan secara pasti dan mudah bagi para wajib pajak”.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korupsi Pajak suap sri mulyani
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top