Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dampak Proyek Heritage Port terhadap Pelabuhan Sunda Kelapa

Arus kapal di Pelabuhan Sunda diprediksi menurun terdampak proyek Heritage Port kendati saat ini Rencana Induk Pelabuhan masih digodok oleh pemerintah melalui KSOP dan pihak terkait.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 08 April 2021  |  22:18 WIB
Pekerja melakukan aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (19/5/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Pekerja melakukan aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (19/5/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Arus kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa diproyeksikan akan menurun pada 2023 karena terdampak proyek penataan pelabuhan yang merupakan bagian dari Heritage Port.

“Termasuk pula diasumsikan terdampak proyek peninggian tanggul dan dermaga Pelra,” kata General Manager PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC Cabang Sunda Kelapa Kurnia Jaya kepada Tim Jelajah Pelabuhan 2021, di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Pasalnya, Pelabuhan Sunda Kelapa rawan terkena musibah banjir rob sehingga dermaga Pelra sepanjang 1.200 meter akan ditinggikan hingga 1,9 meter dari eksisting.

Berbanding terbalik dengan trafik kapal, trafik peti kemas diprediksi akan terus meningkat setelah program vaksinasi Covid-19 sudah diselenggarakan dan dermaga peti kemas juga tidak terdampak proyek penataan dan perbaikan dermaga.

“Kalau trafik penumpang ini turun drastis karena kapal Pelni [Sabuk Nusantara 66] tidak dioperasikan lagi,” ujarnya.

Adapun, Rencana Induk Pelabuhan (RIP) atau masterplan Heritage Port dikabarkan kini masih digodok oleh pemerintah melalui KSOP dan pihak terkait lainnya.

Kurnia berharap, RIP tersebut bisa tuntas tahun ini agar program pengembangan Pelabuhan Sunda Kelapa bisa berjalan lebih cepat dan tentunya menjadi lebih baik.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan Jelajah Pelabuhan 2021
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top