Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akses KUR Dibuka, Alumni Prakerja Bisa Dapat Modal di Bawah Rp10 Juta

Namun, pemerintah juga tidak menutup kemungkinan apabila ada wirausaha alumni Prakerja yang nantinya bisa mengakses KUR Mikro sebesar Rp10 juta sampai Rp50 juta.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 08 April 2021  |  17:30 WIB
Ilustrasi - Kartu Prakerja - ANTARA
Ilustrasi - Kartu Prakerja - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah resmi memberikan fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) kepada wirausaha alumni program Kartu Prakerja.

Para alumni Prakerja kini bisa ditawarkan untuk mengakses fasilitas KUR terutama untuk KUR Super Mikro (SuMi) di bawah Rp10 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah juga tidak menutup kemungkinan apabila ada wirausaha alumni Prakerja yang nantinya bisa mengakses KUR Mikro sebesar Rp10 juta sampai Rp50 juta.

Bahkan , kata Airlangga, pemerintah tengah mematangkan besaran kredit Rp10 juta sampai Rp100 juta tanpa agunan.

“Tentunya antara Rp50 juta sampai Rp500 juta juga bisa melanjutkan apabila [lulusan] dari Kartu Prakerja ini bisa meningkatkan kemampuan kewirausahaan sehingga bisa kita berharap para lulusan ini bisa menjadi pengusaha menengah yang naik kelas,” kata Airlangga dalam ‘Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja Melalui Pembiayaan KUR’, Kamis (8/4/2021).

Namun, Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengingatkan, bahwa fasilitas KUR bukan merupakan bantuan sosial (bansos).

“Kami tekankan bahwa kredit usaha rakyat adalah pinjaman bukan bansos, jadi mesti dibayar. Nah, sekarang bunganya disubsidi pemerintah 3 persen, tentu ke depan pemerintah akan terus berupaya agar bunganya terus ditekan dan kami berharap bahwa dengan semakin banyaknya alumni bisa jadi pengusaha tangguh,” lanjutnya.

Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Gede Edy Prasetya menyebut proses pendataan 387.234 wirausaha alumni Prakerja sudah selesai dan telah diterima oleh perbankan.

Kini, pihak perbankan tinggal mendatangi atau menghubungi pendaftar yang dianggap layak untuk menerima bantuan KUR.

Terkait dengan besaran kredit, Gede mengatakan pemerintah telah on-track menyalurkan Rp56 triliun atau 25 persen dari total anggaran KUR 2021 sebesar Rp253 triliun. “Ini kans-nya sangat besar sekali untuk teman-teman alumni Kartu Prakerja ini,” kata Gede.

Untuk KUR SuMI (super mikro), plafon sebesar Rp41,8 triliun atau 16,5 persen. Menurut Gede, syarat untuk mengakses KUR SuMi bagi alumi Prakerja bisa dengan menggunakan e-certificate (sertifikat elektronik) yang dikeluarkan oleh PMO Prakerja.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha kur kartu prakerja
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top