Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sumbang 17 Juta Tenaga Kerja, Menko Airlangga Beberkan Keunggulan Industri Sawit

Airlangga menjelaskan bahwa industri kelapa sawit dibangun dengan pendekatan berbagai aspek, yakni sosial, ekonomi, dan lingkungan. Kini, pemerintah fokus mengakselerasi sawit berkelanjutan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 07 April 2021  |  16:25 WIB
Lahan Sawit.  - PTPN V
Lahan Sawit. - PTPN V

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa kelapa sawit memiliki peran strategis di Indonesia. Sebagai penghasil sawit terbesar di dunia, industri tersebut memberikan pekerjaan yang layak bagi 17 juta warga di Tanah Air.

Bahkan, di tengah pandemi Covid-19 ekspor mencapai Rp22,97 miliar atau tumbuh 13,6 persen dibandingkan tahun 2019. Tren positif ini terus berlanjut di 2021.

“Harga referensi dari Kementerian Perdagangan untuk crude palm oil [minyak kelapa sawit mentah] pada April cukup tinggi, yaitu US$1.093,83 per ton. Dengan demikian, bea keluar yang ditetapkan US$116 perton ini berdampak positif terhadap penerimaan negara dan kesejahteraan perkebunan kelapa sawit,” katanya, Rabu (7/4/2021).

Airlangga menjelaskan bahwa industri kelapa sawit dibangun dengan pendekatan berbagai aspek, yakni sosial, ekonomi, dan lingkungan. Kini, pemerintah fokus mengakselerasi sawit berkelanjutan. Hal tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah yang diatur dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024.

Tujuannya, pemerintah ingin pembangunan berkelanjutan ditetapkan sebagai arus utama dalam memberikan akses yang adil dan inklusif. Dengan begitu, dapat meningkatkan kehidupan generasi berikutnya.

Melalui penetapan tersebut, Airlangga menambahkan, pemerintah meyakini sawit berkelanjutan dapat berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia. Meski begitu, ini perlu dukungan semua elemen baik Negara hingga swasta di tingkat lokal maupun global.

“Tentu kita berharap manfaat kelapa sawit yang selama ini dirasakan dan saatnya bagi kita untuk mendorong dan mendukung agar kelanggengan industri ini bisa dilanjutkan dengan pembangunan kelapa sawit sebagai bentuk tanggung jawab bersama,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak sawit harga cpo airlangga hartarto
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top