Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KSOP Panjang Ingin Optimalkan Kargo ke Pelabuhan Patimban

KSOP Panjang berencana untuk meningkatkan jumlah kargo dari Pelabuhan Panjang ke Patimban.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 06 April 2021  |  18:41 WIB
Suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020).  -  Bisnis/Rinaldi M. Azka
Suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020). - Bisnis/Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I (KSOP) Panjang Yefri Meidison tengah meningkatkan jumlah kargo dari Pelabuhan Panjang ke Patimban.

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan program pemerintah melalui Kementerian Perhubungan yang tengah mengenalkan Pelabuhan Patimban ke masyarakat yang belum lama ini diresmikan Presiden Joko Widodo.

“Kebetulan satu kapal yang dari Patimban ke Panjang itu Ferrindo 5, kita awalnya per 20 hari sekarang mendekat per satu minggu,” katanya kepada Tim Jelajah Pelabuhan 2021 Bisnis Indonesia, di Lampung, Selasa (6/4/2021).

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa volume ruang kargo yang terisi di kapal tersebut juga terus meningkat yakni sekitar 2 persen per minggunya atau kini menyentuh sekitar 77 persen volume kargo.

Yefri optimistis bahwa hingga akhir tahun ini, volume keterisian kargo bisa mencapai lebih dari 90 persen jika tren positif ini terus berjalan.

Lebih lanjut, keberadaan rute Panjang–Patimban dinilainya mampu mengurangi kepadatan lalu lintas laut rute Merak-Jakarta dan sebaliknya.

“Kita berharap truk-truk yang besar itu yang seharusnya lewat Bakauheni kemudian ke Merak lalu ke Jakarta itu bisa kita pecah di Panjang kemudian langsung ke Patimban,” ungkapnya.

Namun, tugas yang harus dilakukan saat ini adalah meyakinkan para pemilik kargo bahwa kapal Ferrindo 5 adalah fix on scheduled atau tidak bisa ditunda keberangkatannya karena kebanyakan mengangkut hasil alam.

Sebagai informasi, kegiatan Jelajah Pelabuhan 2021 yang diinisiasi Bisnis Indonesia didukung oleh Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, PT Pelindo II (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry, PT Jasa Armada Indonesia Tbk, PT Pelni (Persero), dan PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan patimban Jelajah Pelabuhan 2021
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top