Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sumbatan Terusan Suez Berpotensi Timbulkan Kerugian US$9,6 Miliar per Hari

Angka tersebut didasarkan pada penilaian oleh Lloyd's List yang menunjukkan lalu lintas ke arah barat bernilai sekitar US$5,1 miliar per hari dan lalu lintas ke arah timur sekitar US$4,5 miliar. Namun, angka itu adalah perhitungan kasar.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  14:27 WIB
KRI Bima Suci melintasi Terusan Suez dalam perjalanan dari Port Said, Mesir menuju Jeddah, Arab Saudi, di Mesir, Rabu (11/10). - ANTARA/Zabur Karuru
KRI Bima Suci melintasi Terusan Suez dalam perjalanan dari Port Said, Mesir menuju Jeddah, Arab Saudi, di Mesir, Rabu (11/10). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki hari ketiga terjebaknya kapal Ever Given di perairan Terusan Suez, upaya penyelematan masih saja gagal. Perhitungan menunjukkan, ada sekitar US$9,6 miliar lalu lintas laut harian yang terhalang Ever Given saat ini.

Dilansir Bloomberg, Kamis (25/3/2021), angka tersebut didasarkan pada penilaian oleh Lloyd's List yang menunjukkan lalu lintas ke arah barat bernilai sekitar US$5,1 miliar per hari dan lalu lintas ke arah timur sekitar US$4,5 miliar. Namun, angka itu adalah perhitungan kasar.

Menurut perkiraan Bloomberg, ada sekitar 185 kapal yang menunggu untuk transit di jalur yang tertutup Ever Given, sementara Lloyd memperkirakan 165.

Sejauh ini, upaya oleh kapal tunda dan penggali untuk menyelamatkan Ever Given dengan panjang 400 meter itu telah gagal dan pekerjaan untuk mengapungkan kembali kapal ditangguhkan hingga Kamis pagi di Mesir.

Antrean pada Rabu (24/3/2021) kemarin termasuk 40 kapal curah yang mengangkut komoditas mulai dari tanaman hingga barang kering seperti semen serta kapal yang membawa minyak, bahan bakar dan bahan kimia. Ada juga delapan kapal pengangkut ternak, lebih dari 30 kapal kargo umum dan sebuah kapal tanker air.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

terusan suez kerugian

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top